Wajib Tahu! Ciri-ciri Kadar Kolesterol Anda Sudah Tinggi
via Dokter Sehat

Wajib Tahu! Ciri-ciri Kadar Kolesterol Anda Sudah Tinggi

Rabu, 1 Jan 2020 | 21:29 | Sofia Citradewi
Winnetnews.com -  Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan tanda atau gejala, tetapi pemeriksaan rutin tes darah dapat membantu mendeteksi tingginya kadar kolesterol dalam darah. Ciri-ciri kolesterol tinggi umumnya baru dapat diketahui ketika penyakit akibat kolesterol tinggi muncul.

Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri kolesterol tinggi, perlu Anda ketahui bahwa tubuh dapat menyimpan kolesterol yang didapat dari luar tubuh di arteri. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Penumpukan kolesterol di arteri dapat menyebabkan plak. Seiring waktu, plak bisa menjadi keras dan menyebabkan arteri menyempit. Penumpukan plak dalam jumlah besar dapat menyumbat arteri.

Saat arteri ke otot-otot jantung tersumbat, Anda bisa mengalami penyakit arteri koroner yang ditandai dengan serangan jantung. Jika arteri yang memasok darah ke otak tersumbat, Anda bisa terkena stroke.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mereka menderita salah satu dari peristiwa yang mengancam jiwa ini.

Selain kedua kondisi di atas, kolesterol tinggi juga bisa memicu kondisi lain seperti arteri perifer dan xanthoma.

Jika melihat pada penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi, berikut adalah 8 ciri-ciri kolesterol tinggi yang mungkin muncul:

1. Nyeri Dada

Ciri-ciri kolesterol tinggi yang pertama adalah nyeri dada yang disebut dengan angina.

Kondisi ini terjadi akibat plak terbentuk dan mengurangi aliran darah ke jantung Anda dan menyebabkan penyakit arteri koroner. Nyeri dada merupakan gejala yang paling umum dari penyakit arteri koroner.

Angina mengacu pada rasa sesak, berat, dan tertekan pada dada. Gejala ini juga dapat muncul sebagai sensasi sakit, terbakar, atau mati rasa di dada. Sebagian orang lain merasakan sensasi penuh atau seperti di remas.

2. Sesak Napas

Sesak napas juga bisa menjadi salah satu tanda-tanda kolesterol tinggi, karena serangang jantung yang menandakan arteri koroner sering kali menyebabkan kondisi ini.

Ketika aliran darah ke jantung berkurang, jantung tidak memompa darah dengan maksimal ke seluruh tubuh, termasuk ke paru-paru. Hal ini lah yang membuat Anda menjadi kesulitan bernapas.

3. Kelelahan

Gejala kolesterol tinggi juga dapat ditandai dengan kelelahan yang berlebihan.

Ketika kolesterol tinggi menyebabkan plak yang menghambat pembuluh darah, pasokan darah oksigen ke seluruh tubuh juga akan berkurang. Menurunnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh ini membuat organ dan jaringan tubuh bekerja lebih keras dari seharusnya sehingga menyebabkan Anda lebih mudah lelah.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi sering kali dikaitkan dengan kolesterol yang tinggi.

Ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium, jantung berusaha memompa darah dengan lebih keras, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Sama seperti tanda-tanda kolesterol tinggi yang sulit dikenali, gejala tekanan darah tinggi juga sering kali sulit untuk dikenali. Tekanan darah tinggi dapat dideteksi dengan cara melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Apabila Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah dan mendapati tekanan darah Anda tinggi, cobalah untuk melakukan cek kolesterol untuk memastikan apakah kolesterol tinggi merupakan penyebab hipertensi yang Anda alami.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...