Wajib Tahu! Sejumlah Hal yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asma
ilustrasi Asma ( Photo sehatq.com )

Wajib Tahu! Sejumlah Hal yang Perlu Diwaspadai oleh Penderita Asma

Minggu, 17 Mei 2020 | 14:16 | Muchdi

Winnetnews.com -  Salah satu masalah pernapasan yang rentan dialami oleh seseorang adalah asma. Pada penderitanya, pasien asma biasanya tampak seperti orang sehat lainnya.

Walau begitu, ketika berada dalam kondisi yang parah, asma bisa membahayakan. Tanpa penanganan yang tepat, penderita asma rentan mengalami masalah yang bisa mengancam nyawa mereka.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat, pasiem asma harus mengetahui hal apa yang bisa memperburuk kondisi mereka. Sejumlah masalah yang bisa ditemuai sehari-hari tanpa disadari bisa memperburuk kondisi asma seseorang.

Dengan mengetahui hal-hal apa yang bisa memperburuk asma, seseorang bisa mencegah risiko terjadinya masalah ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah hal yang bisa memicu terjadinya asma.

1. Bunga

Serbuk sari pada bunga adalah salah satu hal yang bisa memicu asma. Tak hanya bisa menimbulkan alergi bagi beberapa orang, namun serbuk sari juga bisa berbahaya untuk penderita asma. Jika salah seorang anggota keluarga memiliki asma, hindari menanam tanaman yang memiliki bunga dan serbuk sari, serta menanam tanaman di dalam rumah.

2. Kecoak

Banyak yang tak mengetahui bahwa kotoran kecoak dan tubuh kecoak, baik bagian tubuh yang sudah mati atau tercecer dan tubuh kecoak yang masih hidup, bisa memicu asma. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, kecoak membawa banyak kuman yang bisa berbahaya untuk pasien asma dan bisa memicu serangan asma.

3. Binatang Peliharaan

Binatang peliharaan yang memiliki banyak bulu juga bisa memicu asma. Kucing dengan bulu yang panjang dan mudah rontok diketahui menjadi salah satu penyebab terjadinya serangan asma. Selain bulu, air liur hewan peliharaan juga merupakan hal yang harus diperhatikan.

4. Asap

Asap tak hanya buruk untuk paru-paru melainkan juga bisa memicu serangan asma yang berbahaya. Pasien asma disarankan untuk selalu mengenakan masker atau menutup hidung mereka setiap kali keluar rumah atau mengendarai kendaraan. Ini adalah cara yang paling mudah untuk menghindari serangan asma.

5. Rokok

Rokok merupakan salah satu musuh besar bagi penderita asma. Kebiasaan merokok bisa menghalangi aliran udara pada pasien yang nantinya bisa memicu serangan asma yang membuat pasien sulit bernapas.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...