Waketum PAN Anggap Prabowo Masih Ingin Mencoba Jalur Lain

Waketum PAN Anggap Prabowo Masih Ingin Mencoba Jalur Lain

Jumat, 28 Jun 2019 | 10:52 | Aldina Putri Nst
Winnetnews.com - Waketum PAN, Bara Hasibuan mengungkapkan rasa sesalnya terhadap sikap Prabowo yang tidak mengucapkan selamat kepada Jokowi atas kemenangannya, setelah MK menolak permohonan gugatan hasil Pilpres 2019.

“Dia juga tidak memberikan selamat kepada Jokowi sebagai pemenang. Jadi seakan-akan dia belum mengakui hasil MK dan masih mengharapkan ada jalur lain,” ujar Bara Hasibuan, Jumat (28/6/19).

Menurutnya, sistem demokrasi yang baik itu adalah saat pihak yang kalah melakukan pidato kekalahan guna menghapus perselisihan selama masa kampanye di masa lalu.

“Seharusnya harus membangun tradisi di mana seharusnya setelah pemilihan presiden dan ini kan banyak di negara demokrasi sudah matang, tradisi seperi ini, pihak yang kalah itu menyampaikan pidato concessio speech, pidato kekalahan mengakui hasilnya dan memberika selamat kepada pemenang dan mengajak untuk melakukan rekonsiliasi demi bangsa kita move on, untuk menghilangkan perbedaan dan polarisasi selama kampanye,” ungkap Bara Hasibuan.

Tak hanya itu, menurut Bara, prabowo masih memiliki rencana untuk mengambil jalur lain dengan melakukan konsultasi bersama tim kuasa hukumnya.

"Saya menyesalkan pernyataan Pak Prabowo, itu sebuah paradoks. Satu sisi dia mengakui dan menghormati keputusan MK tapi di pihak lain, dia juga mengatakan akan berkonsultasi dengan tim hukumnya untuk melihat kemungkinan ada jalan lain padahal menurut konstitusi, jalur konstitusi ini adalah jalur yang final, jadi keputusan MK final and binding, tidak ada lagi celah lagi," tuturnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...