Wakil Ketua KPK Awasi Langsung Persidangan La Nyalla
La Nyalla Mahmud Mattalitti

Wakil Ketua KPK Awasi Langsung Persidangan La Nyalla

Rabu, 5 Okt 2016 | 14:52 | Rusmanto

WinNetNews.com - Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengawasi langsung persidangan mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur (Kadin Jatim) La Nyalla Mahmud Mattalitti di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat.

"Kejagung minta tim kordinasi dan supervisi (korsup) KPK melihat penuntutan kasus ini. Makanya ada staf KPK yang hadir di situ, termasuk kami pimpinan ingin melihat supaya hubungan Kejaksaan dengan KPK menjadi lebih baik ke depan," kata Laode di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (4/10/2016).

La Nyalla didakwa mendapatkan keuntungan sebesar Rp1,1 miliar dan merugikan keuangan negara Rp27,76 miliar dari dana hibah pengembangan ekonomi provinsi Jatim tahun 2011-2014 dari nilai total anggaran Rp43 miliar.

Pada sidang pembacaan dakwaan 5 September 2016 lalu, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) Ranu Mihardja juga menghadiri sidang tersebut.

Sidang hari ini menjadwalkan pemeriksaan tiga orang saksi yaitu Penyelia Bank Jatim Sri Bondan Ella, Marketing Bank Jatim Alexanderia Sukmawati dan mantan Dirut Bank Jatim Tri Udjiarti.

Menurut Laode, KPK juga yang meminta agar persidangan dipindahkan dari Jatim ke Jakarta meski tempat kejadian perkara itu berada di wilayah Jawa Timur.

Dalam perkara ini, La Nyalla mendapatkan dana hibah pengembangan ekonomi provinsi Jatim senilai Rp48 miliar namun sebesar Rp5,36 miliar digunakan untuk pembelian Initial Public Offering (IPO) Bank Jatim pada 2012 dan dijual lagi pada 2013 dengan nilai total seluruhnya Rp6,411 miliar.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...