Walau Baik Bagi Pencernaan, Ini Batasan Yoghurt Untuk Anak
ilustrasi

Walau Baik Bagi Pencernaan, Ini Batasan Yoghurt Untuk Anak

Selasa, 27 Agt 2019 | 13:09 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pamor yoghurt sudah lama dikenal baik sebagai makanan sumber protein bagi semua kalangan usia, termasuk anak-anak. Bahkan berkat rasanya yang enak dan segar, yoghurt menjadi salah satu makanan favorit anak. Sebagai orangtua, mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya sehat atau tidak kalau anak makan yoghurt terlalu banyak?

Berapa banyak anak boleh makan yoghurt dalam sehari?

image0

Sejak menginjak usia sekitar 10 bulan, anak sudah mulai bisa diperkenalkan dengan yoghurt. Jika ingin lebih aman, Anda bisa memberikan yoghurt untuk anak saat usianya genap 12 bulan alias 1 tahun.

Di usia tersebut, porsi yogurt yang diberikan untuk anak tidak bisa terlalu banyak seperti orang dewasa. Ini karena si kecil masih dalam tahap perkenalan sekaligus sedang beradaptasi dengan jenis makanan baru.

Idealnya, anak usia 12 bulan bisa makan yoghurt sebanyak ¼ sampai ½ cangkir per hari. Ketika usianya sudah mencapai 24 bulan, Anda bisa menambahkan porsinya hingga mencapai ½ cangkir atau lebih untuk satu hari.

Jika diberikan sesuai takaran yang tepat, yoghurt membawa banyak manfaat baik untuk anak. Salah satu manfaatnya dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam American Society for Microbiology.

Menurut penelitian tersebut, yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu melindungi tubuh anak dari efek paparan logam berat. Selain itu, yoghurt juga memiliki sejumlah zat gizi yang semakin memperkaya kandungannya.

Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, hingga aneka ragam vitamin dan mineral lainnya. Terlebih lagi karena mengandung probiotik, yang dikenal baik untuk melancarkan kerja sistem pencernaan.

Bahkan, manfaat yoghurt juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi anak di masa pertumbuhan ini.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...