Skip to main content

Walau Harga Minyak Dunia Turun, Premium Masih Rp 7.300/Liter

Walau Harga Minyak Dunia Turun, Premium Masih Rp 7.300Liter
Walau Harga Minyak Dunia Turun, Premium Masih Rp 7.300Liter

Walau harga minyak mentah saat ini jatuh di bawah US$ 50 per barel, namun pemerintah belum akan merevisi harga bensin Premium dan minyak solar di SPBU. Salah satu alasannya karena PT Pertamina (Persero) masih merugi ratusan juta dolar.

Kerugian tersebut terjadi karena, ketika harga minyak dunia naik dan kurs rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sejak Maret lalu, Pemerintah menahan untuk menaikkan harga BBM. Seperti harga solar saat itu harusnya Rp 9.200/liter namun harga solar yang ditetapkan pemerintah tetap Rp 6.900/liter.

Menteri ESDM Sudirman Said sendiri mengakui, secara keseluruhan dari awal tahun hingga saat ini, Pertamina masih merugi dalam penyaluran BBM baik itu premium maupun solar.

Seperti diketahui, harga minyak mentah AS turun di bawah US$ 50/barel pada perdagangan Rabu. Setelah pemerintah AS menunjukkan data peningkatan stok minyak negara tersebut. Pelemahan minyak juga didorong oleh faktor menguatnya dolar, serta melemahnya pasar saham global.

Seperti diketahui juga, harga Premium untuk wilayah di luar Jawa, Bali, dan Madura ditetapkan pemerintah Rp 7.300/liter, sementara harga premium di Jawa, Bali, dan Madura ditetapkan Pertamina Rp 7.400/liter. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top