Walau Lolos TKDN, iPhone Terbaru Belum Tau Kapan Dijual di Indonesia

Walau Lolos TKDN, iPhone Terbaru Belum Tau Kapan Dijual di Indonesia ilustrasi

WinNetNews.com - Setelah dirilis disejumlah negara, trio iPhone terbaru bakal segera sambangi Indonesia. Pasalnya iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR telah mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)

Pantauan di situs TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jumat pagi (28/9/2018), Apple Indonesia mendapatkan sertifikat pada 27 September. Sertifikat yang didapat bernomor 586/ILMATE/TKDN/9/2018.

Baik iPhone XS, iPhone XS Max maupun iPhone XR memiliki komponen TKDN sebesar 30%. Kemungkinan TKDN ini bersumber dari investasi yang diguyur Apple ke Indonesia.

Kendati trio iPhone anyar sudah mengantongi TKDN, ketiga ponsel ini rupanya belum mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebab ketika memantau situs Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) di waktu bersamaan, iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR belum terdaftar.

Malah mendapatkan Apple Watch 4, ada tiga varian yang telah dinyatakan lolos uji, yakni

  • Apple A1978 yakni Apple Watch 4 44 mm GPS
  • Apple A1977 yakni Apple Watch 4 40 mm GPS
  • Apple A2008 yakni Apple Watch 4 44 mm GPS + Cellular.

Semoga saja perangkat terbaru Apple ini segera dirilis di Indonesia. Sehingga masyarakat di Tanah Air tidak perlu berburu hingga ke luar negeri untuk mendapatkannya. (detikcom)