Walau Rasanya Pahit, Ini Beberapa Manfaat dari Sayur Pare
sayur pare

Walau Rasanya Pahit, Ini Beberapa Manfaat dari Sayur Pare

Rabu, 12 Jun 2019 | 07:49 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pare adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Meski rasanya pahit, cukup banyak masyarakat yang rutin mengonsumsinya karena menganggap pare bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Sebenarnya, apa sajakah manfaat kesehatan dari sayuran ini?

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari pare

Pare sebenarnya masih satu keluarga dengan labu dan mentimun. Hanya saja, rasanya jauh lebih pahit dibandingkan dengan sayuran-sayuran tersebut. Asalkan diolah dengan cara yang tepat, pare pun bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari pare

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jika mengonsumsi pare dengan porsi 94 gram saja, maka kita sudah bisa mendapatkan asupan serat, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, asam folat, zat besi, serta kalium yang sangat tinggi. Kandungan vitamin C di dalamnya bahkan mampu memenuhi sekitar 93 persen dari kebutuhan harian tubuh. Hal ini tentu akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga kita pun tidak akan mudah jatuh sakit.

Pare juga tinggi kandungan antioksidan yang juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Kandungan di dalam pare mampu bekerja layaknya hormon insulin, yakni membantu memetabolisme glukosa menjadi sumber energi. Hal ini tentu akan berdampak pada seimbangnya kadar gula darah. Selain itu, kandungan di dalam pare juga bisa mencegah glukosa terus menumpuk di dalam darah. Sebagai informasi, jika sampai kadar gula darah terlalu tinggi, maka hal ini akan merusak pembuluh darah.

Mereka yang sudah menderita diabetes atau memiliki risiko diabetes tinggi sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi pare demi mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuhnya.

3. Baik bagi kesehatan mata

Di dalam pare terdapat kandungan flavonoid, beta karoten, alfa karoten, lutein, serta zeaxanthin yang bisa memperkuat kesehatan mata. Bahkan, pakar kesehatan juga menyebut rutin mengonsumsi sayuran ini bisa membantu menurunkan risiko terkena degenerasi makula, salah satu penyebab menurunnya kondisi penglihatan di usia lanjut.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya juga bisa membantu melawan paparan buruk radikal bebas penyebab berbagai macam masalah kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...