Walau Sudah Ada Pelonggaran, Masih Banyak yang Tetap Menggunakan Masker

Rusmanto

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Walau Sudah Ada Pelonggaran, Masih Banyak yang Tetap Menggunakan Masker
detikcom
Winnetnews.com -  Pelonggaran demi pelonggaran di masa pandemi COVID-19 mulai dilakukan, salah satunya terkait aturan memakai masker. Kini, warga diperbolehkan untuk tidak memakai masker jika berada di ruang terbuka.

Terkait pelonggaran kebijakan tersebut, tetap masih ada yang memilih untuk memakai masker. Alasannya beragam, mulai dari menjaga diri sendiri sampai karena sudah terbiasa mengenakannya selama dua tahun belakangan.

"Buat menjaga kesehatan pas di ruang publik, biar kalau lagi batuk-pilek nggak nularin orang," kata Gresnia, karyawan swasta di daerah Jakarta Selatan, kepada detikcom, Jumat (20/5/2022).

Wanita berusia 29 tahun ini mengatakan khawatir jika lepas masker, virusnya bisa tertular kepada mereka yang rentan. Belum lagi, ia sudah terbiasa memakai masker selama dua tahun pandemi COVID-19.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Aci (25) yang mengaku akan tetap memakai masker karena sudah menjadi kebiasaan, bahkan sebelum pandemi COVID-19.

"Gue tetap pakai masker sih ya, karena dari dulu juga udah bahkan sebelum Corona," bebernya.

Ada juga yang memilih tetap memakai masker karena alasan pribadi. Diutarakan Gabe, masker tetap akan ia kenakan untuk menutupi raut mukanya yang terkesan sinis.

"Supaya muka sinis ketika ada rapat tidak jelas nggak terpampang nyata," kelakarnya.

Terkait pelonggaran masker, pakar sebenarnya tak mempersoalkan asalkan, setiap warga mengetahui risiko penularan di lingkungan sekitar dan dirinya masing-masing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Hari Kedua Pelonggaran, Ini Alasan Mereka Tetap Setia Pakai Masker"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...