Walau Sudah Olahraga Kolesterol Tetap Tinggi, Mungkin Ini Penyebabnya
ilustrasi

Walau Sudah Olahraga Kolesterol Tetap Tinggi, Mungkin Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Jun 2019 | 07:50 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Berolahraga rutin dan menjalani pola makan bergizi seimbang merupakan dua faktor penting yang membantu Anda menjaga kolesterol tetap normal. Namun, ada sebagian orang yang tetap memiliki kolesterol tinggi walaupun telah menjalani gaya hidup sehat.

Kondisi ini tidak serta-merta menandakan bahwa gaya hidup sehat yang Anda jalani keliru. Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi bisa disebabkan oleh faktor lain di luar gaya hidup.

Penyebab kolesterol tinggi walaupun telah hidup sehat

Berikut adalah sederet faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi walaupun Anda telah berolahraga dan mengatur pola makan:

1. Memiliki familial hypercholesterolemia (FH)

Familial hypercholesterolemia (FH) merupakan kondisi tingginya kolesterol darah yang disebabkan oleh kecacatan pada kromosom 19. Kondisi ini bersifat genetik dan dapat diwariskan dari orangtua ke anak.

Anak-anak yang memiliki FH terlahir dengan kolesterol LDL yang tinggi. Kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) adalah kolesterol jahat yang memicu pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Menghindari makanan berkolesterol, tapi tetap mengonsumsi lemak jahat

image0

Meski telah hidup sehat, Anda bisa saja memiliki kadar kolesterol yang tinggi akibat makan makanan kaya lemak jenuh dan lemak trans.

Lemak jenuh terdapat pada lemak hewani dan produk susu tinggi lemak. Sedangkan lemak trans terkandung dalam makanan yang digoreng dan camilan manis.

Cobalah mengganti produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau susu almond. Saat ingin mengonsumsi daging, pilihlah daging dengan kandungan lemak paling sedikit.

Gunakan pula metode memasak lain (bukan digoreng) yang lebih menyehatkan, misalnya menumis.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...