Walaupun Kalah 1-3 dari Lyon, Ajax Tetap Lolos ke Final
Foto: mirror.co.uk

Walaupun Kalah 1-3 dari Lyon, Ajax Tetap Lolos ke Final

Jumat, 12 Mei 2017 | 08:58 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Kalau saja Olympique Lyon bisa mencetak 2 gol lagi, merekalah yang akan lolos ke final Liga Europa, bukan Ajax Amsterdam. Tapi hasil di atas lapangan berbicara lain, kemenangan 3-1 atas Ajax tidak cukup untuk mereka, Ajax pun melanggang ke final liga Europa untuk menghadapi wakil Inggris Manchester United.

Menjamu Ajax di Parc Olympique Lyonnais, Jumat (12/5/2017) dinihari WIB pada semifinal leg kedua, Lyon dalam posisi tertinggal 1-4. Alih-alih mendapatkan gol cepat, Lyon malah mendapatkan pukulan telak di menit ke-27.

Dari situasi serangan balik, Ajax mencetak gol. Amin Younes di sisi kiri melepaskan umpan terobosan ke Kasper Dolberg, yang dituntaskan dengan sebuah sontekan melewati kiper Anthony Lopes.

Tertinggal, Lyon kian agresif menekan. Momen yang ditunggu-tunggu tuan rumah terjadi jelang babak pertama berakhir.

Di menit ke-44, wasit menghadiahkan penalti untuk Lyon usai Alexandre Lacazette dilanggar Matthijs de Ligt. Lacazette yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh kiper dengan sepakan keras ke pojok kanan bawah gawang.

Tak berhenti di situ, di masa injury time Lyon berbalik unggul. Nabil Fekir menusuk ke sisi kanan di dalam kotak penalti dan mengirimkan umpan mendatar, lalu disambar Lacazette di tiang jauh.

Babak pertama berakhir, Lyon mendapatkan angin segar untuk membalikkan keadaan.

Lyon mempertahankan agresivitasnya di babak kedua dan mendapatkan sejumlah peluang yang gagal dimaksimalkan. Seblaiknya Ajax juga menciptakan situasi berbahaya, salah satunya kala sepakan Donny van de Beek menerpa mistar gawang di menit ke-79.

Dua menit berselang, Lyon mencetak gol ketiga. Umpan silang Maciej Rybus ditanduk Rachid Ghezzal dan memperbesar kans Lyon. Satu gol lagi untuk menyamakan agregat dan memperpanjang nafas mereka di turnamen.

Lyon mengerahkan segala yang mereka punya untuk mengejar satu gol tersebut di sisa waktu. Bahkan mereka punya keuntungan dengan kartu merah Nick Viergever, usai menerima dua kartu kuning.

Tapi Ajax bisa menjaga kedudukan. Lyon pun harus puas memenangi laga, tapi terhenti di semifinal dengan agregat 4-5. Ajax pun akan menantang Manchester United di final yang digelar di Friends Arena, Stockholm.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...