Skip to main content

Warga Keturunan di Mindanao Filipina Jadi WNI

ilustrasi
ilustrasi

WinNetNews.com- Menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Davao City Berlian Napitupulu bahwa terdapat sebanyak 1.934 warga keturunan Indonesia di kawasan Mindanao, Filipina Selatan, sudah ditetapkan statusnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

"Saya bersyukur status kewarganegaraan mereka dapat dituntaskan, dan hak kewarganegaraan merupakan hak mendasar bagi setiap individu karena erat kaitannya dengan hak asasi manusia," ucap Konjen Napitupulu yang sedang berada di Jakarta, Kamis.

Ia menyebut Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Davao City bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhum dan HAM) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI bekerja sama dengan Biro Imigrasi Filipina dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa urusan pengungsi (UNHCR) baru-baru ini melaksanakan misi penegasan status untuk warga keturunan Indonesia di Mindanao yang dikenal sebagai Persons of Indonesian Descent (PIDs).

Misi ini terdiri atas 22 orang selama berada di Davao City pada Oktober 2016 berhasil menelaah 2.348 berkas PIDs. Dari jumlah itu, sebanyak 1.934 PIDs ditetapkan statusnya menjadi WNI, tapi sebanyak 405 PIDs diperkirakan sudah menjadi Warga Negara Filipina karena mereka ikut pemilihan umum (pemilu) negeri tersebut

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top