Warga Negara Tiongkok Ikut Tersangkut Penyelundupan Benih Lobster di Sukabumi
Barang bukti benih lobster dan tersangka yang berhasil diamankan oleh tim gabungan/Dokumentasi Bareskrim Mabes Polri

Warga Negara Tiongkok Ikut Tersangkut Penyelundupan Benih Lobster di Sukabumi

Sabtu, 27 Mei 2017 | 17:09 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com – Selain berhasil menangkap US (57) yang hendak menyelundupkan benih lobster, tim gabungan juga menangkap seorang warga negara asing. Berpaspor dari negeri Tiongkok, (DT) kini telah diamankan oleh tim yang terdiri dari Subdit IV Tipidter Bareskrim Mabes Polri, Polres Sukabumi dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan Bandung serta Jakarta.

“Perannya adalah sebagai pendukung dana atau donatur penyelundupan lobster,” ungkap keterangan resmi yang diterima WinNetNews.com, Sabtu (27/05/2017).

Selain sebagai donatur, lanjut keterangan resmi itu, DT ternyata merupakan residivis penyelundupan lobster-lobster dari Taiwan.

“Modus penyelundupan ini yaitu donatur membayar untuk mengirimkan benih lobster itu ke Singapura dan Vietnam. Cara DT melakukan aksinya dengan berpura-pura sebagai pemancing di perairan Sukabumi. Tapi sebenarnya melakukan transaksi langsung kepada pengepul dan nelayan di wilayah itu,” lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Bidang Biro Bantuan Hukum dan Lingkungan Hidup Pengurus Cabang Himpunan Serikat Nelayan Indonesia (HSNI) Kabupaten Sukabumi berinisial US (57) ditangkap oleh tim gabungan dengan dugaan hendak menyelundupkan benih lobster. Sebanyak 6.597 benih lobster jenis pasir dan 96 jenis mutiara berhasil diselamatkan tim gabungan dari wilayah Kp. Sindanglaut, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Total kerugian negara yang juga berhasil diselamatkan Rp. 402.560.000,-.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...