Skip to main content

Warga Riau Warga Riau Minta Dievakuasi, Sebar Selembaran Yang Menghujat Jakarta

Warga Riau Warga Riau Minta Dievakuasi, Sebar Selembaran Yang Menghujat Jakarta
Warga Riau Warga Riau Minta Dievakuasi, Sebar Selembaran Yang Menghujat Jakarta

Jakarta, wingamers (14/9) - Kebakaran hutan dan bencana kabut asap yang menyelimuti langit Sumatera beberapa pekan terakhir meresahkan warga Pekanbaru Riau. Kualitas udara dan polusi akibat kabut asap di wilayah kota Pekanbaru provinsi Riau tercatat sudah di bawah ambang batas normal.

Kondisi ini seakan mengindikasikan jika Riau "tak layak" lagi untuk dihuni. Itulah orasi yang disuarakan massa yang menamakan diri Amanat Penderitaan Rakyat Riau (Ampera), di Bundaran Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (14/9/2015).

Massa dari Ampera berunjuk rasa di Bundaran Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (14/9/2015). Massa tersebut berteriak dan meminta tolong kepada "penguasa", presiden dan Gubernur Riau, untuk segera mengevakuasi warga, khususnya anak-anak balita, lansia, ibu hamil dan menyusui, yang menderita karena asap.

"Tolong evakuasi kami wahai penguasa Jakarta," teriak para pengunjuk rasa. Mereka juga mendesak agar Plt Gubernur Riau segera mengambil sikap dan menetapkan status tanggap darurat mengingat kondisi kabut asap yang kian bertambah parah.

Selain itu, massa juga menyebarkan selebaran bertuliskan "Sontoloyo Jakarta". Di sini kami dihina-hina. Di saat hutan kami menjadi petaka, kau sibuk dengan dusta. Sontoloyo kau Jakarta, karena Indonesia hanya Jakarta. Maka terimalah cerai kami wahai Jakarta." Demikian isi selebaran tersebut.

Fenomena ini merupakan sentilan bagi masyarakat di Ibukota khususnya, agar lebih memperhatikan nasib saudara sebangsa dan setanah air yang wilayahnya ditimpa bencana kabut asap.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top