Warga Sipil Yaman Tewas dalam Serangan Udara Arab Saudi

Warga Sipil Yaman Tewas dalam Serangan Udara Arab Saudi

Rabu, 16 Mar 2016 | 06:47 | Rusmanto
WinNetNews.com - Serangan udara yang dipimpin Arab Saudi menewaskan sedikitnya 41 warga sipil dan melukai 75 orang lainnya di Provinsi Haja, barat laut Yaman. Di mana sebagian besar dari Haja dikuasai oleh militan Houthi yang menjadi target serangan.

Berdasarkan informasi dari Reuters, Rabu (16/3/2016), Juru Bicara koalisi pimpinan Saudi Brigjen Ahmed al-Aseeri saat ini masih mencari informasi serangan.

Koalisi yang memulai aksinya pada 2015 tersebut bertujuan untuk menghentikan perlawanan dari para militan Syiah Houthi dan mengembalikan kekuasaan Yaman di bawah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Direktur Departemen Kesehatan Raja menyatakan tiga serangan koalisi pada Selasa (15/3) menghantam pasar di Distrik Mustaba.

Menurut kantor berita Yaman yang dikendalikan Houthi, sebanyak 65 orang tewas dan 55 orang terluka dalam serangan koalisi ke sebuah restoran dan pasar di Mustaba.

"Kami sedang menyelidiki ini untuk memastikan apakah itu benar atau tidak. Ini terlalu dini untuk berbicara tentang sampai kita mencapai gambaran yang jelas," kata Jubir Asseri.

The Global Charity Medicins Sans Frontieres (MSF) menuturkan, sedikitnya 40 orang menjadi korban dan termasuk di antaranya anak berusia 8 tahun. Para korban langsung dibawa ke RS Abs.

PBB mencatat, lebih dari 6.000 orang di mana setengahnya adalah warga sipil, tewas sejak konflik di mana pecah pertama kali Maret 2015 lalu.

Pada Januari, sebuah panel di PBB mengindikasikan bahwa target serangan koalisi adalah warga sipil. PBB menilai hal tersebut bisa menjadi kejahatan kemanusiaan dan dapat direkomendasikan kepada Dewan Keamanan PBB agar dilakukan proses penyelidikan. Terkait hal ini, koalisi pun telah membantahnya.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...