Warna Laut di Turki Ini Berubah! Keren Banget!
Foto: AP

Warna Laut di Turki Ini Berubah! Keren Banget!

Senin, 19 Jun 2017 | 14:27 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Perairan di sekitar Istanbul berubah warna menjadi biru turquoise. Sebuah fenomena alam yang disebut "phytoplankton bloom" telah mengubah perairan Bosporus yang biasanya gelap menjadi biru muda. Ini disebabkan oleh organisme mikroskopis yang telah membanjiri Laut Hitam di utara kota terbesar Turki.

Berat Haznedaroglu, seorang insinyur lingkungan, mengatakan kalau fenomena ini masih normal.

"Tahun ini kami mendapat banyak hujan yang membawa nutrisi dari gurun Sahara ke Laut Hitam, yang menciptakan lingkungan yang optimal agar fitoplankton ini mekar," kata Haznedaroglu, yang bekerja di Institut Ilmu Lingkungan di Universitas Bogazici, Istanbul.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan dengan gambar Laut Hitam dari satelit, NASA mengatakan bahwa pewarnaan itu mungkin karena pertumbuhan fitoplankton tertentu yang disebut coccolithophore.

image0

Organisme mikroskopik ini terkandung dalam ikan, kerang dan organisme laut lainnya, namun juga dapat menyebabkan matinya kehidupan laut karena hilangnya oksigen dari air jika "mekar" terlalu luas.

Bosporus, sebuah selat yang memisahkan Eropa dari Asia, juga menghubungkan Laut Hitam ke Laut Marmara dan merupakan jalur air yang sangat banyak digunakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...