Warna Mata Bisa Ketahui Kesahatan Seseorang Loh!
Foto: Pexels

Warna Mata Bisa Ketahui Kesahatan Seseorang Loh!

Kamis, 4 Mei 2017 | 16:15 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Mata adalah jendela dunia. Untuk itulah kamu perlu merawat matamu. Kamu juga pasti pernah melihat berbagai macam warna bola mata setiap orang. Di balik warna unik bola mata, terdapat rahsaia kesehatan dalam tubuh mereka.

Tahukah kamu bahwa memiliki mata coklat bisa berarti kamu memiliki waktu reaksi lebih cepat daripada seseorang dengan mata biru? Dan mata hijau bisa menjadi tanda bahwa kamu lebih mungkin terkena kanker mata?

Beberapa ilmuwan dan peneliti mengklaim bahwa warna mata benar-benar dapat memprediksi kemungkinan kamu memiliki masalah kesehatan tertentu.

Mata abu-abu, hijau dan biru

"Secara klinis, orang dengan irama berwarna biru memang cenderung lebih peka terhadap cahaya," Ruth Williams, MD, presiden terpilih American Academy of Ophthalmology dan ahli mata di Wheaton Eye Clinic di Chicago mengatakan kepada Everyday Health.

"Hal ini mungkin disebabkan oleh pigmen menyerap cahaya di mata." Dengan mata yang lebih terang, abu-abu, hijau dan biru, bisa berarti peningkatan risiko kanker.

Alasannya adalah bahwa mata dengan warna lebih ringan memiliki pigmen yang lebih sedikit untuk melindungi mata dari sinar UV, jadi ada risiko seumur hidup yang lebih besar untuk melanoma uvea (lapisan tengah mata), yang merupakan kanker yang sangat jarang terjadi.

"Orang dengan warna iris ringan perlu rajin mengenakan kacamata hitam yang dilindungi UV," saran Dr. Williams.

Terlebih lagi, orang dengan mata yang lebih terang biasanya berkulit putih juga, sehingga sering berisiko tinggi terkena kanker kulit.

Mata coklat

Menurut sebuah studi oleh University of Louisville, orang dengan mata coklat memiliki waktu reaksi yang sedikit lebih cepat selama aktivitas atletik tertentu daripada yang memiliki mata terang.

Namun temuan tersebut tidak cukup kuat untuk meyakinkan: "Menurut pengalaman saya, saya tidak dapat mengatakan bahwa kita dapat menilai kinerja berdasarkan warna mata," kata dokter mata Guadalupe Mejia, OD, dari University of Louisville.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...