Skip to main content

Waskita akan Kuasai 60% Saham Tol Pemalang-Batang

Waskita akan Kuasai 60 Saham Tol Pemalang-Batang
Waskita akan Kuasai 60 Saham Tol Pemalang-Batang

Presiden Joko Widodo ingin Pulau Jawa segera tersambung jaringan jalan Tol Trans Jawa yang totalnya mencapai 615 Km. Salah satu proyek tol yang dikebut yaitu Tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 Km.

Proyek tol ini berhenti pengembangannya pasca Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT). Tol Pemalang-Batang belum juga dibangun sejak PPJT pertama 2006 alias hampir 10 tahun mandek, oleh PT Pemalang Batang Toll Road.

Proyek ini akan diambil alih oleh Badan Usaha Milik Negara, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dengan penguasaan saham mayoritas hingga 60%.

Direktur Utama Pemalang Batang Toll Road Arman Panjaitan menjelaskan kini pihaknya tengah menyelesaikan proses legal untuk pembelian dan pengalihan kepemilikan saham mayoritas oleh anak usaha waskita, PT Waskita Toll Road.

"Kami b to b oke, tinggal selesaikan aspek legalnya," kata Arman dalam penjelasan terkininya soal akuisisi saham tol Pemalang Batang di Graha Irama, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (27/8/2015).

"Waskita akan punya saham 60% di Pemalang Batang Toll Road," sebutnya.

Arman mengaku idealnya groundbreaking bisa dilakukan bila lahan setiap seksi tuntas dibebaskan selama 75%. Saat ini, lahan yang dibebaskan baru 5,2 hektar dari kebutuhan 279 hektar

"Kalau diperintah groundbreaking, kita siap. Tapi syarat 75% itu, ditetapkan oleh pihak perbankan. Kita juga tidak ingin proyek berhenti setelah groundbreaking," ujarnya.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto menyebut proses pembebasan lahan bisa rampung pada tahun 2016 sedangkan proses konstruksi bisa selesai pada tahun 2018. (jk)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top