(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Waspada 4 Penyakit Akibat Gemar Mengigit Kuku

Aldina
Aldina

Waspada 4 Penyakit Akibat Gemar Mengigit Kuku Sumber foto: Insider

Winnetnews.com - Jika kamu termasuk dalam kategori orang yang punya kebiasaan atau gemar mengigit kuku jari, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Salah satu penilitian yang dilakukan oleh Profesor Madya dalam bidang dermatologi di Universitas George Washington, Adam Friedman menyatakan bahwa tindakan menggigit kuku jari dapat memberikan efek yang sangat negatif untuk kesehatan kamu.

Di sini ada beberapa penyakit yang menjadi akibat dari kebiasaan mengigit kuku, dikutip pernyataan Friedman dari Prevention dan Men’s Health.

Infeksi

Hal yang dapat menimbulkan infeksi adalah pada saat kamu mengigit kuku dengan gigitan yang terlalu besar, kejadian ini biasanya akan membuat kulit halus di bawah kuku kamu menjadi terekspos. Dengan kulit halus yang terekspos tersebut, bakteri serta patogen yang terdapat di mulut kamu akan menempel di kulit. Infeksi yang paling sering ditemui adalah paronychia, infeksi ini memberikan efek pembengkakan, kemerahan dan juga berupa nanah.

Peradangan

Friedman menjelaskan bahwa air liur adalah salah satu penyebab dari kerusakan kulit. Kumpulan zat kimia yang terdapat di dalam air liur tersebut juga dapat memberikan dampak pecah-pecah di bibir kamu.

Kuku sulit tumbuh

Ternyata dalam penemuannya, Friedman juga menambahkan bahwa mengigit kuku akan membuat kuku kamu berbentuk aneh atau bahkan tidak akan tumbuh sama sekali.

Masalah gigi

Menggigit kuku akan menghancurkan lubang yang berfungsi untuk menahan akar gigi, hal ini akan menyebabkan kebengkokan pada gigi kamu. Tak hanya itu saja, kebiasaan buruk ini akan berujung kepada terjadinya patah pada gigi dan timbulnya penyakit gusi gingivitis.

 

Nah, buat kamu yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, coba diubah deh kebiasaannya menjadi kebiasaan yang lain. Mungkin kamu bisa mulai dengan mengigit yang lain? Hehehe

 

 

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});