Waspada Fitur 'Add Yours' di Instagram, Bisa Jadi Pintu Masuk Penipuan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Waspada Fitur 'Add Yours' di Instagram, Bisa Jadi Pintu Masuk Penipuan
Foto: Reuters

Winnetnews.com - Instagram kini tengah diramaikan dengan tren menggunakan fitur Add Your. Fitur bersifat  stiker interaktif tersebut memungkinkan pengguna dapat membahas konten tertentu lewat Instagram Stories.

Menurut Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi, pengguna media sosial harus berhati-hati dalam membagikan sesuatu.

"Harus hati-hati dan waspada. Cek lagi jangan mudah ikut-ikutan tren. Harus paham mana yang bisa dishare dan yang tidak," kata dia, Selasa (23/11).

Ia mengingatkan, untuk tidak membagikan data yang bersifat pribadi seperti nama, alamat, nomor handphone."Untuk data pribadi itu kan tergantung kita sebagai pengguna. Kalau kita rasanya tidak aman dan bahaya ya jangan dishare dan jangan ikut-ikutan," tambah dia.

Salah satu warganet di Twitter dengan akun @ditamoechtar_ bercerita temannya menjadi korban penipuan setelah mengisi fitur Add Yours tentang nama panggilan.

Ia mengatakan temannya itu dimintai transfer ke suatu rekening. Korban kemudian percaya karena pelaku menyebut nama panggilan kecilnya dan meyakini jika orang tersebut merupakan salah seorang teman dekatnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...