Waspada ! Gangguan Makan Yang Mungkin Anda Derita

Nadia Chevina
Senin, 24 Agustus 2015 15:56 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Senin, 24 Agustus 2015 15:56 WIB
Image Waspada ! Gangguan Makan Yang Mungkin Anda Derita

Melansir viva, berikut 4 macam eating disorders yang sering dialami seseorang, kenali sedini mungkin dan segera lakukan tindakan pencegahan dan pengobatan. Check this out ..!

1. Anorexia Nervosa

Penderita anorexia nervosa dapat dikenali dari ketakutan berlebihan mengalami kenaikan berat badan. Penurunan berat badan dilakukan dengan kebiasaan membatasi asupan makanan secara berlebihan, baik itu meminum pil/obat-obatan demi menekan nafsu makan atau memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil sebelum menyantapnya dan juga melakukan olahraga secara berlebihan tanpa memperdulikan kondisi kesehatan. Selain itu ciri fisiknya dapat dikenali dari mulut dan kulit yang kering, dan sangat sensitif terhadap dingin, serta adanya depresi, bingung, ingatan lemah dan lambat dalam berfikir. Hal yang berbahaya yaitu terus menerus melakukan upaya-upaya tersebut meskipun berat badannya sudah memasuki kategori underweight atau berat badan kurang.

2. Muscle Dysmorphia

Penyimpangan perilaku makan juga dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin. Jika wanita lebih suka menurunkan berat badan, pada umumnya lelaki sebaliknya yaitu ingin meningkatkan massa otot dan cenderung menganggap dirinya underweight. Kelainan ini disebut dengan muscle dysmorphia. gejala penderita muscle dysmorphia adalah kebiasaan olahraga yang ekstrim, sering berkaca di depan cermin, kecemasan saat melewatkan latihan fisik, sangat memperhatikan pola makan dan juga menggunakan obat steroid misalnya, demi mencapai massa otot impian.

3. Bulimia Nervosa

Penderita bulimia nervosa pada umumnya tetap memakan makanan untuk memuaskan nafsu makannya yang relatif besar. Namun, ia akan berusaha mengeluarkan makanan yang masuk dengan cara memuntahkan kembali makanannya atau mengkonsumsi obat pencahar. Berat badannya biasanya berada dalam rentang berat badan normal. Namun, ia cenderung beranggapan dirinya kelebihan berat badan. Seperti halnya pada anorexia nervosa, pada bulimia nervosa juga sering dijumpai permasalahan penyakit sosial, seperti kecenderungan menarik diri dari lingkungan sosial dan perilaku emosional.

4. Binge Eating

Penderita binge eating memiliki beberapa kemiripan dengan penderita bulimia nervosa dalam hal nafsu makan yang besar. Pembeda utama diantara kedua gangguan makan ini adalah penderita binge eating disorder tidak bisa mengontrol asupan makannya serta tidak berupaya untuk mengeluarkan makanannya. Penderita binge eating cenderung lebih senang makan sendiri karena malu dengan jumlah makanan yang dimakan terlampau banyak. Meski demikian, penderita binge eating masih dapat menjaga nafsu makan bersama dengan orang lain.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Lagi Viral! Ini Cara Bikin Es Kepal Milo, Gampang Lho!

Reaksi Kamu