Waspada!!! Gunung Sinabung Kembali Erupsi
ilustrasi Gunung SInabung Erupsi/foto: Istimewa

Waspada!!! Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Selasa, 16 Mei 2017 | 16:31 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Hari ini, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami erupsi setelahterus menunjukkan aktifitas vulkaniknya.

Petugas pos pengamat Gunung Sinabung, Nurul Asrori mengatakan, erupsi tersebut terjadi pada pukul 10.49 WIB, Selasa (16/5/2017). Adapun ketinggian kolom abu mencapai 2.300 meter.

"(Erupsi) arah angin mengarah ke Berastagi. Sementara, untuk awan panas guguran tidak ada," ujarnya.

Ia menjelaskan, Gunung Sinabung masih berstatus awas. Kemungkinan erupsi pun masih bisa terjadi. Petugas mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi rekomendasi yang diberikan.

Secara terpisah, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu mengatakan, pihaknya membagikan sekitar 1.000 masker kepada masyarakat setelah Gunung Sinabung mengalami erupsi pada hari ini.

"Kita bagikan masker sekitar seribu mulai tadi erupsi," kata Agustatius kepada detikcom.

Ia menuturkan, pembagian masker itu di dua lokasi yang ada di Berastagi. Dua lokasi tersebut yakni Tugu Berastagi dan Desa Korpri.

"Ada 20 prajurit kita tadi yang membagikan. Kita imbau kalau lagi erupsi masyarakat menggunakan masker. Jangan lewati zona merah. Untuk portal zona merah Gunung Sinabung, prajurit kita ada di situ bersama polisi dan relawan. Sejauh ini ada sekitar enam portal," kata Agustatius.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...