Waspada, Hal Ini Sebabkan Osteoporosis

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Waspada, Hal Ini Sebabkan Osteoporosis Sumber foto: m-rehab.com

Winnetnews.com - Tulang merupakan bagian tubuh yang sangat perlu dijaga untuk mendapatkan tubuh yang stabil. Karena itu banyak orang yang menganggap tulang adalah fondasi di bagian tubuh. Selain itu, tulang sangat berperan penting untuk melindungi organ dan menampung kalsium untuk menjaga kekokohanya.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata beberapa hal yang biasa dilakukan sehari-hari dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit tulang osteoporosis? Nah, buat kamu yang penasaran coba cek di bawah ini.

Daging

Ternyata dengan mengkonsumsi daging secara berlebihan sama juga dengan memaksakan ginjal yang ada di tubuh untuk bekerja di luar dari kapasitasnya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan kalsium yang lebih banyak sehingga bisa menurunkan kepadatan mineral pada tulang.

Asin

Tekanan darah dapat muncul dikarenakan adanya asupan garam yang cukup tinggi. Ketika ginjal sedang bekerja untuk mengeluarkan natrium, ternyata kaslium juga turut keluar melalui aliran darah. Natrium yang berlebihan tersebut akan menyebabkan kropos pada tulang lebih dini.

Kurang Bergerak

Hasil sebuah penelitian membuktikan bahwa seringnya terjadi pergerakan akan memperkuat tulang. Namun sebaliknya jika tubuh kamu tidak bergerak sekali akan terjadi penumpukan pada tulang sehingga akan permudah terjadinya proses pemuaian.

Salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga tulang adalah berenang. Serta barengi dengan mengurangi konsumsi kafein sehari-hari.

Panas Matahari

Vitamin D yang terkandung di dalam panas matahari sangat diperlukan untuk kalsium, tubuh akan menjadi optimal dalam penyerapan kalsium sebagain dasar tulang yang kuat.

 

 

 

Apa Reaksi Kamu?