Waspada ! Hubungan Percintaan Anda Bisa Sebabkan Penyakit

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Waspada ! Hubungan Percintaan Anda Bisa Sebabkan Penyakit

Wingamers – Tidak dipungkiri, melihat kisah romantis di film-film ataupun serial televisi pastinya membuat Anda iri. Kisah cintanya mulus dan bahagia. Setiap hubungan pasti memiliki fase naik dan turun. Ada kalanya romantis dan berbunga-bunga, tapi konflik pun tak bisa dihindari.

Hubungan yang harmonis dan saling mendukung memang berdampak positif bagi kesehatan, tetapi stres konstan akibat hubungan yang tidak akur juga bisa menjadi ancaman bagi kesehatan yang jarang kita sadari.  Melansir laman kompas, berikut hubungan cinta yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Yuk disimak.

Risiko depresi

Orang yang memiliki pasangan yang membuat stres cenderung mengalami kecemasan dan depresi dibandingkan dengan orang yang memiliki pasangan saling mencintai.

Terjerumus kebiasaan buruk

Saat seseorang merasa tidak nyaman dengan dirinya dan tidak bisa menerima diri apa adanya, mereka cenderung memilih pasangan yang mirip. Ini berarti memilih pasangan yang melakukan kekerasan atau kecanduan zat berbahaya.

Gangguan tidur

Orang yang sering mengalami gangguan tidur kebanyakan adalah mereka yang mengalami banyak konflik di siang hari. Akibatnya di malam hari pikiran mereka tak bisa berhenti bekerja. Gangguan tidur sendiri adalah pemicu kecemasan.

Menekan sistem imun

Dr.Timothy Loving, profesor dan pendiri The Loving Lab, meneliti efek negatif dari hubungan yang bersifat toksik dalam jangka panjang terhadap sistem imun. Ternyata, pasangan yang sering bermusuhan dan senang mengkritik, memiliki tanda sistem imun yang lebih lemah. Selain itu, pasangan yang berada dalam hubungan yang kerap berseteru juga lebih sering sakit.

Nafsu makan tak terkontrol

Tak sedikit orang yang berada dalam emosi naik turun akibat hubungannya yang kurang harmonis, sulit mengontrol nafsu makannya. Mereka cenderung lebih suka mencari makanan yang tinggi karbohidrat atau tinggi kalori namun kadar gizinya rendah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});