Waspada Insecurity Pada Diri Sendiri
via Caring Magazine

Waspada Insecurity Pada Diri Sendiri

Kamis, 26 Des 2019 | 18:10 | Ghina Zalfa Tsuraya

Winnetnews.com - Kehidupan seseorang ternyata tidak dapat hanya kita melihat kebahagiaannya dari luar saja, banyak orang yang terlihat baik-baik saja di luarnya tetapi ternyata ia memiliki banyak masalah di hidupnya. Contoh kasus yang terjadi baru-baru ini yang dialami oleh seorang figur publik asal Indonesia yaitu Adrian Khalif. Ia mengeluarkan album yang berjudul ‘embrace embrace’ album ini mengeksplorasi tema insecurity yang kebetulan pernah dialami Adrian Khalif selama tiga tahun terakhir. 

Nah sebenarnya apa sih definisi dari insecurity itu? menurut Amanda Angela, M.psi., seorang Psikolog yang melayani konsultasi secara online melalui akun instagramnya, insecurity merupakan sebuah kondisi perasaan cemas atau gelisah yang disebabkan munculnya pikiran tidak berdaya atau merasa lemah di suatu bidang atau suatu hal. 

Lalu apa penyebab insecurity dapat terjadi? 

“Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang timbul rasa insecure, biasanya bisa muncul karena beberapa faktor, seperti, kejadian traumatis (contoh: perceraian, kebangkrutan, kehilangan seseorang), bisa juga karena pola asuh orangtua yang keras (orangtua memiliki harapan yang terlalu tinggi dan tidak realistis ke anak, sehingga memberikan tekanan kepada anak untuk menjadi seperti yang orangtua inginkan),” kata amanda. 

Selain itu, “lingkungan yang tidak bisa dikontrol (terkadang ada kejadian mendadak yg tiba-tiba muncul, sehingga menimbulkan kecemasan saat menjalankan rutinitas), memiliki self esteem (kepercayaan diri) yg rendah bisa juga menjadi salah satu faktornya sehingga sering merasa tidak mampu,” tambah Amanda. 

Benarkah orang yang insecure cenderung tidak percaya diri? dan apakah kita termasuk ke dalam orang yang memiliki rasa insecure tersebut? berikut ciri-ciri pribadi yang memiliki insecurity:

  • Selalu punya pikiran negatif terhadap dirinya (contoh: aku lemah dan tidak berdaya, aku tidak menarik) sehingga hal-hal positif yang ada pada dirinya tidak dianggap/diabaikan.
  • Selalu membandingkan dirinya terhadap orang lain, dan merasa orang lain lebih baik dari dirinya.
  • Merasa tidak percaya diri.
  • Merasa orang lain memiliki penilaian jelek terhadap dirinya
  • Mempunyai krisis kepercayaan (trust issues)

Apabila kalian termasuk salah satu dari ciri-ciri diatas? berikut ada beberapa tips yang menurut dr Amanda dapat menghilangkan rasa insecure ini. 

Pertama, kalian harus mengenali apa saja hal yang membuatmu merasa insecure. Dengan mengenalinya, kamu akan menemukan pola pikiran-pikiran negatif yang selalu muncul dan bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Kedua, lawan pikiran-pikiran negatif tersebut dengan kata-kata yang positif, seperti “Aku mampu, aku akan belajar dari kesalahanku di masa lalu, dan aku akan terus maju ke depan.”

Ketiga, temukan dan refleksikan semua kelebihan atau keberhasilan yg pernah dicapai. Sekecil apapun itu, berikanlah apresiasi atas keberhasilan yg telah kamu capai. Percayalah bahwa kamu punya potensi, bakat, dan hal-hal positif lainnya.

Dan yang terakhir, usahakan untuk selalu hidup di masa sekarang. Tidak perlu memikirkan hal-hal yang belum akan terjadi di masa depan, biasanya hal yang akan terjadi tidak seburuk yang kita pikirkan. (*)

 

----------------
Ghina Zalfa Tsuraya adalah mahasiswi London School of Public Relations Jakarta.
*) Opini penulis dalam artikel ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Winnetnews.com.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...