Waspada! Internet Punya Peran Penting dalam Perkembangan Terorisme

Waspada! Internet Punya Peran Penting dalam Perkembangan Terorisme

Jumat, 15 Jan 2016 | 17:00 | kontributor
WInNetNews.com - Sosok Bahrun Naim diduga kuat sebagai dalang aksi serangan teror di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016).

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam konferensi pers di Istana Merdeka di hari yang sama.

Saat ini perekrutan kelompok teroris dilakukan melalui dunia maya. Perkembangan dunia teknologi informasi turut mempengaruhi kelompok teroris jaringan Bahrun Naim. Bila dulu mereka merekrut anggota baru melalui jaringan pertemanan dan kelompok pengajian, kini menggunakan media internet.

Melalui dunia maya, kelompok teroris ini membuat blog yang berisi ajaran dan paham jihad. Setelah calon anggota baru sepakat dengan paham jihad yang ditulis di blog tersebut, mereka kemudian mengadakan pertemuan.

Baca juga artikel: ISIS Indonesia: Bahrun Naim Sebarkan Pesan Santoso dalam Jejaring Sosial

Dilansir dari situs Detik, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komisaris Jenderal Saud Usman Nasution mengatakan cara perekrutan melalui media internet ini sangat berbahaya. Sebab orang akan lebih leluasa belajar paham jihad secara otodidak melalui internet.

Mereka mempelajari paham jihad tanpa didampingi oleh seorang tokoh agama, sehingga mereka akan lebih mudah salah tafsir dalam memahami jihad.

Dengan demikian, aparat keamanan akan sangata sulit mendeteksi orang per orang yang belajar paham jihad secara otodidak ini. Aparat pun mengimbau, agar orang tua turut berperan dalam mengawasi perilaku anak-anaknya.

Masyarakat juga diminta memiliki kepedulian untuk melapor ke aparat jika menemukan aktivitas warga yang mencurigakan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...