Waspada, Kini Riau Kembali Perangi Kebakaran Hutan

Waspada, Kini Riau Kembali Perangi Kebakaran Hutan

Kamis, 17 Mar 2016 | 17:15 | Redaksi WinNetNews
Winnetnews.com – Jika saat ini di Jakarta masih di landa hujan di sore hari, namun hal tersebut tidak terjadi di Riau. Bahkan malah sebaliknya, satelit telah mendeteksi sebaran titik api, sehingga hal ini tentu menjadi lampu merah bagi pemerintah yang tahun lalu berjibaku menangani bencana asap.

Antisipasi yang cepat pun kini tengah dilakukan oleh pemerintah Riau dengan melakukan pemadaman lewat udara. Teknik water boombing kali ini menggunakan helicopter Super Puma yang memiliki kemampuan mengangkut air hingga 4 ton dalam sekali angkut.

“Selama ini kami mengerahkan dua Heli Super Puma untuk melakukan pemadaman dari udara. Sudah banyak yang kami padamkan seperti dekat Bandara Pinang Kampai, di Dumai, Cagar Biosfer Siak Kecil, Bukit Batu, dan daerah Kabupaten Rohil,” tutur Humas Sinar Mas Forestry Nurul Huda.

Perang melawan hutan" onclick="ga('send', 'event', 'Tag', 'Click', 'Tag kebakaran hutan');">kebakaran hutan pun tidak hanya dilakukan oleh pemerintah Riau, bahkan perusahaan yang bersinggungan langsung dengan hutan pun kini mengerahkan sebuah helikopter PK-Dam. Helikopter ini memiliki lebih sedikit pengangkut air dibandung Super Puma.

Walau heli ini ini memiliki daya angkut air yang lebih kecil, namun secara total dari ketiga helikopter yang berjibaku di kabupaten Meranti. Setiap harinya mereka melakukan 60 water boombing.

Wah, gimana yah persiapan daerah lain untuk mengatasi musim kemarau mendatang?

berbagai sumber.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...