Waspada! Manfaatkan Momen Pandemi COVID-19, Penjahat Siber Lakukan Phishing Email
Ilustrasi phishing email virus corona. (Foto: Cofense)

Waspada! Manfaatkan Momen Pandemi COVID-19, Penjahat Siber Lakukan Phishing Email

Selasa, 26 Mei 2020 | 17:02 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Munculnya wabah virus corona (COVID-19) membuat banyak penjahat siber beraksi untuk menipu banyak orang dengan cara memanfaatkan momen tersebut. Saat ini banyak sekali aksi phishing yang dilakukan.

Dilansir dari Indozone.id, Selasa (26/5), baru-baru ini perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Microsoft telah memberi peringatan kepada orang-orang untuk berhati-hati saat mereka mendapatkan sebuah email berisikan laporan virus corona dengan format file Microsoft Excel.

Pasalnya belum lama ini Microsoft telah menemukan adanya file phishing berformat Excel yang terpasang software NetSupport Manager. Software ini diketahui dapat digunakan untuk mengendalikan komputer secara jarak jauh.

Dikatakan bahwa email phishing tersebut hadir dengan judul 'WHO COVID-19 SITUATION REPORT'. Bahkan email tersebut juga mengatasnamakan salah satu lembaga penanganan COVID-19 yaitu Johns Hopkins Coronavirus Resource Center.

"Belakangan ini kami melihat peningkatan dalam penggunaan makro Excel 4.0 dalam upaya menyebar malware. Pada bulan April, Excel 4.0 mulai memakai umpan bertemakan COVID-19," ucap Microsoft.

Maka dari itulah Microsoft menyarankan jika para pengguna mendapatkan email tersebut agar tidak langsung membuka file Microsoft Excel yang ada di email tersebut untuk mencegah penjahat siber dalam mengakses komputer pengguna.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...