Waspada Olahraga Berlebih

Waspada Olahraga Berlebih

 

Wingamers.com - Olahraga memang menyehatkan, namun ada saatnya olahraga terlalu berlebih malah merusak kesehataan. Setiap individu memang berbeda, tak ada batasan pasti durasi olahraga yang dianggap berlebihan. Namun ada beberapa tanda tubuh kita melakukan olahraga berlebihan yang perlu diwaspadai.

1. Tanpa persiapan

Kurang siap ini sebenarnya tak berkaitan dengan motivasi olahraga. Tapi jika belakangan ini Anda merasa sudah kelelahan sebelum Anda memulai olahraga, mungkin Anda memang sudah berlebihan melakukannya.

2. Detak jantung saat istirahat

Memonitor detak jantung saat istirahat (resting heart rate) adalah cara terbaik untuk mengetahui kondisi fisik Anda. Jika Anda mendapati mendadak ada peningkatan atau penurunan detak jantung saat istirahat sekitar 5-10 detak permenit, dan kebetulan belakangan ini Anda rajin berlatih beban, maka ini adalah indikasi Anda butuh istirahat lebih.

Jika detak jantung Anda secara konsisten tinggi atau rendah, ini adalah tanda Anda kurang beristirahat. Bila Anda mengalami tren ini, turunkan intesitas latihan sampai detak jantung saat istirahat kembali stabil.

3. Pola tidur

Seberapa baik pola tidur dan nafsu makan yang normal adalah indikator yang baik kondisi tubuh Anda. Bila tidur sering terganggu atau Anda kehilangan nafsu makan selama beberapa hari, pertimbangkan untuk menurunkan durasi latihan olahraga yang Anda lakukan.

Kita semua pasti pernah mengalami sulit tidur saat malam dan merasa malas makan, tetapi saat kedua hal itu terjadi hampir bersamaan, bisa jadi itu adalah tanda tubuh Anda terlalu lelah berolahraga.

Maka jangan memaksakan diri untuk olahraga berat kalau tubuh lelah atau kurang tidur. Akibatnya akan buruk bagi tubuh.