Waspada Serangan Maag Akut, Ini Gejalanya
ilustrasi

Waspada Serangan Maag Akut, Ini Gejalanya

Sabtu, 20 Jul 2019 | 08:06 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Maag bisa digolongkan ke dalam dua kondisi. Pertama yakni maag kronis, dan kedua yaitu maag akut. Jika Anda mengalami gejala mendadak dan terasa sangat sakit, bisa jadi itu tanda dari maag akut. Apa penyebab dan pengobatan untuk kondisi ini?

Apa itu maag akut?

image0

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai maag akut, sebaiknya pahami dulu kalau maag sebenarnya bukanlah penyakit khusus. Ya, maag hanyalah sebutan yang digunakan untuk menunjukkan sekumpulan gejala yang menyerang sistem pencernaan.

Maag juga bisa disebabkan oleh beragam penyakit berbeda. Meliputi GERD atau refluks asam lambung, radang lambung (gastritis), irritable bowel syndrome (IBS), tukak lambung, dan infeksi perut.

Dari berbagai penyakit penyebab maag tersebut, hanya radang lambung atau gastritis saja yang bisa dibedakan menjadi kronis dan akut. Artinya, maag akut yang Anda alami ini sebenarnya disebabkan oleh peradangan pada lambung (gastritis).

Maag termasuk akut ketika gejalanya muncul sekarang ini, dan bukan sejak dulu. Berbeda dengan maag kronis yang mungkin sudah pernah muncul beberapa waktu sebelumnya, dan bisa kambuh kapan pun.

Bukan hanya itu. Kondisi ini juga biasanya terjadi dalam kurun waktu sebentar, namun dengan tingkat keparahan nyeri yang lebih kuat. Sementara maag kronis karena gastritis, bisa berlangsung dalam waktu cukup lama dengan gejala yang hilang dan kambuh.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...