Waspadai Dana Asing Keluar Saat Fed Rate Naik

Waspadai Dana Asing Keluar Saat Fed Rate Naik

WinNetNews.com - Bank Indonesia (BI) harus berhati-hati dalam mengambil suatu kebijakan yang berkaitan dengan suku bunga acuan atau BI rate. Hal itu perlu dilakukan mengingat The Fed berencana menaikkan Fed Fund Rate dalam waktu dekat ini.

"Mengapa harus hati-hati, karena disaat Fed Rate naik diperkirakan akan terjadi capital outflow," kata Ekonom Firmanzah, ditemui dalam 'Economic Review 2015 dan Outlook 2016', di Restoran Meradelima, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Namun, dirinya belum bisa menjelaskan secara detail seberapa besar uang yang keluar dari kebijakan The Fed yang menaikkan suku bunga. Dirinya hanya meyakini akan ada dana yang keluar dari Indonesia bila Fed Fund Rate naik.

Untuk itu, Firmanzah meminta agar BI melakukan koordinasi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bila berkaitan dengan kebijakan BI rate. Itu menjadi penting agar BI tidak salah langkah dalam mengambil suatu kebijakan.

Lebih lanjut, ia memperkirakan, apabila BI rate dinaikkan maka kenaikannya tidak dalam jumlah yang besar. Hal itu terjadi agar dana yang dimiliki investor asing tidak kembali lagi ke negeri asalnya.

"The Fed (naik) 25 bps, kalau capital outflow keluar tidak besar. Maka BI akan menaikkan sedikit BI rate agar keluarnya capital outflow dari negeri ini tidak deras," pungkas Firmanzah.

disadur dari metrotv news