(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Waspadai Gejala Darah Rendah

Muhammad Takdir
Muhammad Takdir

Waspadai Gejala Darah Rendah

 

Wingamers.com - Tekanan darah rendah adalah kondisi tekanan darah normal tidak mencapai ukuran tekanan darah normal yaitu sekitar 120/80 mmHg. Kondisi ini menyebabkan tubuh terasa lemah karena kurangnya aliran darah ke organ vital seperti jantung, otak, dan ginjal. Apa saja gejalanya?

Kulit pucat

Sirkulasi darah yang rendah akan membuat kulit tampak pucat. Selain pucat, tangan dan kaki penderita hipotensi akan terasa dingin karena rendahnya tekanan aliran darah

Pusing

Pusing merupakan gejala paling umum yang terjadi pada penderita hipotensi. Hal ini terjadi karena pasokan darah yang tidak maksimal ke otak.

Sesak napas

Ketika tekanan darah ke jantung melemah, maka akan mengakibatkan otot jantung terganggu. Hal ini dapat menyebabkan sesak napas atau nyeri dada.

Denyut jantung tidak teratur

Ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik akibat rendahnya tekanan darah, maka kondisi ini dapat mengakibatkan denyut jantung menjadi tidak teratur. Kondisi ini kadang disebut dengan nama aritmia.

Sakit kepala

Tekanan darah yang setiap kali turun dapat menyebabkan sakit kepala. sakit kepala yang disebabkan karena tekanan darah yang tidak stabil disebut dengan ortostatik. Perubahan yang secara mendadak ini bahkan dapat menyebabkan mual hingga pingsan.

Apa yang terjadi kalau mengalami kejadian ini? Bagi rekannya yang sehat segera baringkan ia di tempat yang datar dengan menempatkan kaki lebih tinggi dari kepala agar aliran darah menjadi lancar kembali. Kebiasaan makan dan olahraga bisa memperbaiki hipotensi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});