Waspadai Hal Ini Jika Tidak Mau Terjadi Serangan Jantung Saat Tidur

Waspadai Hal Ini Jika Tidak Mau Terjadi Serangan Jantung Saat TidurSumber : Istimewa

Winnetnews.com - Serangan jantung lebih sering terjadi saat tidur. Mengapa? Sebab, serangan Penyakit Jantung Koroner (PJK) biasanya terjadi menjelang pagi di saat orang sedang tidur. Oleh sebab itu, seseorang harus mewaspadai gejala awal dari serangan jantung yang mungkin terjadi saat tidur.

Dalam keterangan tertulis , dalam momentum Hari Tidur Sedunia, Jumat (16/3), masyarakat wajib mewaspadai serangan jantung saat tidur.

Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapat oksigen.

Penyebab lain terjadinya serangan jantung namun kurang umum adalah penyempitan pada arteri jantung yang memotong aliran darah. Di samping itu, serangan jantung dapat juga terjadi karena adanya robekan di arteri jantung.

Serangan jantung seringkali mendadak tanpa menimbulkan gejala atau tanda apa pun. Jika ada, biasanya sangat sedikit dan harus peka dengan apa yang terjadi pada tubuh.

Pasalnya jika aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung akan mulai mati.

Serangan jantung, juga disebut dengan infark miokard adalah kejadian gawat darurat yang dapat berakibat fatal jika tidak ditangani secepatnya.

Lalu, apa saja tanda awal dari serangan jantung saat tidur yang harus diwaspadai?

1. Susah Tidur Nyenyak

Jika waktu tidur di malam hari dalam beberapa hari belakangan terganggu, mungkin bisa jadi tanda awal akan munculnya serangan jantung di kemudian hari.

Biasanya hal ini disertai dengan rasa lelah yang berlebihan selama seharian. Namun, justru ketika malam hari tubuh sulit untuk tertidur.

Apabila mengalami hal ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena bisa saja kondisi tersebut berkaitan dengan kesehatan jantung.

2. Keringat Berlebihan di Malam Hari

Banyak berkeringat di malam hari padahal cuaca sedang tidak gerah adalah pertanda awal serangan jantung, terutama pada perempuan.

Namun, gejala serangan jantung saat tidur ini sering disalahpahami sebagai gejala menopause.

Jika terbangun dari tidur dan seprai basah kuyup, atau tidak bisa tidur nyenyak karena terus berkeringat, ini bisa menjadi pertanda serangan jantung.

3. Detak Jantung Tidak Normal

Jika terbangun di pagi hari kemudian merasa detak jantung tidak normal tak seperti biasanya, maka sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter.

Pasalnya, detak jantung yang tak normal bisa jadi tanda awal dari serangan jantung.

Bila detak jantung tak normal berlangsung selama setidaknya 5 menit, segera untuk pergi ke bagian gawat darurat karena kondisi ini dapat membahayakan nyawa.

4. Sakit Dada di Malam Hari

Sakit di bagian dada adalah tanda yang paling umum dari serangan jantung. Gejala ini hadir dari tingkatan yang ringan hingga parah. Namun, lebih sering muncul dengan rasa sakit yang ringan, sehingga banyak orang yang tak menghiraukannya.

Padahal, gejala ini dapat diartikan sebagai gejala awal dari gangguan jantung yang mungkin dimiliki.

5. Tubuh Terasa Sakit

Pasien yang mengalami gangguan jantung biasanya juga merasakan rasa tidak nyaman dan nyeri pada seluruh tubuhnya, terutama bagian tangan, leher, punggung, dan perut.

Selain itu, diiringi juga dengan napas yang pendek. Bila memang mengalami hal ini, apalagi dalam frekuensi yang sering, maka segera berkonsultasi dengan dokter.