Waspadai Kartu Kredit Kamu, Banyak Bakteri yang Nempel
ilustrasi

Waspadai Kartu Kredit Kamu, Banyak Bakteri yang Nempel

Senin, 1 Jul 2019 | 12:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Berbagai macam kartu, mulai dari kartu kredit, kartu debet, hingga kartu uang elektronik untuk naik transportasi umum ternyata mengandung banyak bakteri. Kok, bisa ya? Bakteri apa saja sih yang ada pada kartu kredit, debit, dan kartu-kartu lain yang sering Anda pakai?

Seberapa kotor kartu kredit Anda?

image0

Seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, penelitian mengungkapkan bahwa satu dari 12 kartu kredit atau debit mengandung bakteri. 

Penelitian yang melibatkan 272 orang di London ini memperlihatkan bahwa pada kartu kreditnya menempel bibit bakteri E.coli, staphylococcus, hingga enterococcus.

Bakteri-bakteri tersebut ditemukan 11% di tangan peserta, 8% kartu kredit, dan 6% lembar tagihan.

Ketiga bakteri tersebut diketahui berperan besar dalam berbagai penyakit, antara lain:

  • Infeksi kandung kemih akibat bakteri E.Coli
  • Sistem kekebalan tubuh yang menurun
  • Infeksi Staph

Selain pada kartu kredit, tentu saja tidak menutup kemungkinan bahwa ada banyak bakteri dan kuman menempel pada uang kertas dan koin Anda.

Hal ini dikarenakan ketika Anda memegang kartu atau uang tersebut, tangan yang telah menyentuh banyak tempat kemudian memindahkan kotoran, kuman, atak bakteri ke tempat lain yang baru Anda pegang.

Kondisi ini menciptakan lingkaran setan antara tangan dan kartu kredit Anda tidak pernah terputus. Itu sebabnya, setelah memegang uang ataupun beragam kartu Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer.

Lebih baik lagi, jika Anda membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun, bukan hanya hand sanitizer.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...