Waspadai Tulang Keropos Karena di Rumah Saja dan Kurang Aktivitas
ilustrasi

Waspadai Tulang Keropos Karena di Rumah Saja dan Kurang Aktivitas

Jumat, 15 Mei 2020 | 07:55 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Aktivitas fisik secara disadari atau tidak sudah menjadi bagian dari rutinitas sebagian besar orang setiap harinya. Sayangnya, situasi dan kondisi yang sedang terjadi sekarang ini mengharuskan semua orang untuk mengurangi hingga berhenti melakukan aktivitas di luar ruangan. Padahal, kurang bergerak merupakan salah satu penyebab keropos tulang. Lalu, apakah ada cara untuk menyiasati hal ini?

Kenapa kurang aktivitas fisik sebabkan keropos tulang?

image0

Keropos tulang biasa juga disebut dengan osteoporosis. Kondisi kesehatan ini menyebabkan tulang menjadi lemah dan ringkih.

Tulang merupakan jaringan aktif yang secara terus menerus diperbaharui. Osteoporosis muncul ketika pertumbuhan jaringan tulang yang baru lebih lambat dibanding jaringan tulang lama yang hancur.

Salah satu penyebab keropos tulang adalah gaya hidup pasif. Apabila sering menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama seperti ketika bekerja, Anda memiliki risiko mengalami gangguan tulang.

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Journal of Physical Therapy Science pun menemukan hubungan antara kekuatan tulang dan aktivitas fisik. Jurnal ini menemukan bahwa indeks massa tubuh, aktivitas fisik, konsumsi kalsium, dan gaya hidup tidak sehat memiliki peran dalam kepadatan mineral tulang dan menentukan risiko osteoporosis pada orang dewasa.

Sebagian besar studi melaporkan bahwa aktivitas fisik dapat menjadi cara untuk mencegah keropos tulang, entah itu untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Penelitian lain menyatakan bahwa kegiatan fisik merupakan salah satu cara untuk mengurangi faktor risiko osteoporosis pada seseorang. Meningkatkan aktivitas fisik pada seseorang di rentang usia berapa pun dapat berdampak positif pada kesehatan tulang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...