Waspadalah ! Penyakit Mematikan yang Mengintai Para Pekerja Lembur

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Waspadalah ! Penyakit Mematikan yang Mengintai Para Pekerja Lembur

Kembali mengungkapkan terdapat dampak buruk bekerja berlebihan atau sering lembur. Menurut studi yang dipublikasikan jurnal medis asal Inggris, mereka yang bekerja lebih dari 55 jam seminggu berisiko terkena penyakit stroke dan jantung koroner.

Penelitian ini melibatkan 600.000 orang dari Australia, Amerika Serikat, dan Eropa. Risiko terkena stroke menjadi 33 persen lebih tinggi dan 13 persen terkana penyakit jantung bila bekerja lebih dari 55 jam per minggu atau sekitar 11 jam per hari selama lima hari kerja.

Lewat penelitian ini, peneliti menyimpulkan risiko vaskular yang harus dibayarkan pada individu yang bekerja dalam waktu panjang seperti dikutip dari laman Liputan6.com. Pada penelitian sebelumnya menyebutkan bekerja berlebihan terkait dengan serangan jantung.

Menanggapi studi ini, profesri kedokteran divisi Kardiologi di Mayo Clinic, Stephen Kopecky menyatakan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini ada yang kurang. Karena tidak sepenuhnya memperhitungkan efek kolesterol, sejarah keluarga, dan tekanan darah sehingga memungkinkan bekerja berlebihan bukan satu-satunya penyebab risiko sakit meningkat.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});