Waspadalah...Bahan Kimia Berbahaya Ini Terdapat di Body Lotion
ilustrasi

Waspadalah...Bahan Kimia Berbahaya Ini Terdapat di Body Lotion

Selasa, 23 Feb 2021 | 07:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Hampir semua wanita tak pernah melewatkan body lotion sebagai salah satu skin care sehari-hari. Pasalnya, body lotion dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan halus. Aromanya yang beraneka ragam juga bisa memberikan sensasi rileks. Namun, pernahkah Anda memperhatikan kandungan body lotion yang selama ini Anda gunakan? Hati-hati, beberapa bahan kimia pada body lotion ternyata dapat membahayakan kesehatan, lho! Apa saja? Baca terus ulasan berikut ini.

Daftar kandungan body lotion yang harus dihindari

Selama ini, Anda mungkin hanya fokus memilih aroma dan tekstur cairan yang lembut ketika membeli body lotion. Mulai sekarang, coba luangkan waktu Anda untuk membaca label produk pada body lotion yang Anda beli. Tanpa disadari, ada beberapa kandungan body lotion yang nyatanya berbahaya dan tidak baik untuk kesehatan.

Berbagai kandungan body lotion yang harus Anda hindari adalah sebagai berikut:

1. BHA (Butylated Hydroxyanisole)

BHA berfungsi sebagai pengawet, penstabil, antioksidan, dan sumber wewangian pada berbagai produk kosmetik. Menurut National Toxicology Program, kandungan BHA pada body lotion dapat mengganggu sistem endokrin mengandung zat karsinogenik. Akibatnya, paparan BHA yang terlalu lama dapat memicu risiko kanker kulit.

Bila Anda menemukan adanya kandungan BHA pada body lotion yang Anda miliki saat ini, baiknya segera ganti dengan body lotion dengan bahan yang lebih aman.

2. DMD hydantoin

Anda mungkin cukup asing dengan kandungan body lotion yang satu ini. DMD hydantoin adalah sejenis pengawet yang mengandung formaldehid (formalin) dan banyak digunakan pada produk kosmetik seperti cat kuku, lem bulu mata, gel rambut, sabun, dan sebagainya.

Tanpa disadari, kandungan DMD hydantoin pada body lotion dapat mengiritasi mata dan memicu ruam kulit. Meski demikian, DMD hydantoin diyakini tidak mengandung zat karsinogenik. Namun, ketika ada kandungan DMD hydantoin pada produk kecantikan yang Anda gunakan, maka kemungkinan ada kandungan formaldehid yang bisa memicu reaksi alergi pada kulit dan kanker.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...