Watimpres: Hanya Di Indonesia Harga Pangan Naik Jelang Lebaran

Watimpres: Hanya Di Indonesia Harga Pangan Naik Jelang Lebaran

Winnetnews.com – Perintah Presiden Jokowi yang akan menstabilkan harga pangan di pasaran ternyata berbanding terbalik. Hingga saat ini malah harga terus merangkak naik. Untuk itulah Watimpres mengumpulkan para Menteri terkait untuk membahas hal tersebut.

Menurut Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Suharso Manoarfa mengatakan lonjakan harga pangan menjelang Idul Fitri bukan hanya terjadi satu atau dua tahun ke belakang, tetapi terjadi sejak lama. Parahnya lagi fenomena tersebut terjadi hanya di Jakarta.

"Watimpres melihat kita ini hanya satu-satunya negara yang menghadapi gejolak seperti ini kalau menjelang Puasa dan Lebaran," jelasnya.

Banyak negara dengan mayoritas muslim di dunia yang juga melakukan aktivitas yang hampir sama saat lebaran. Salah satunya adalah negara tetangga, Malaysia. Namun kenaikan harga yang terjadi tidak signifikan.

"Ada negara Islam lainnya menghadapi yang sama (Puasa dan Lebaran), tetapi tidak seperti kita di sini," ungkap Sunarso.

sementara itu, Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), Beny Pasaribu menjelaskan di negara lain meski ada kenaikan harga hanya berkisar 5 persen. Peningkatan permintaan telah di imbangi dengan kesiapan pasokan oleh pemerintah.

"Paling naiknya itu tidak lebih dari 5%. Kalau Indonesia sudah puluhan tahun menjelang lebaran naiknya begini besar," terang Benny pada kesempatan yang sama.