Dilan 1990 Muncul  di Hari Buruh Jakarta
Foto:Istimewa

Dilan 1990 Muncul di Hari Buruh Jakarta

Rabu, 2 Mei 2018 | 08:46 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Pada hari buruh kemarin 1/5/2018 Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) ikut memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Mereka sudah mulai berkumpul dan bergabung dengan massa buruh lainnya sejak Selasa pagi.

Dikutip dari berbagai sumber yang ada, dalam aksi ini, mereka tidak membawa atribut bendera atau spanduk, KIARA justru membawa beberapa poster.

"Kita lihat bahwa kondisi nelayan masih ada penindasan tapi negara acuh, maka kita inisiasi bagaimana sampaikan pesan tersebut dengan cara kreatif yang seharusnya negara perhatikan," kata koordinator lapangan KIARA Fauzi.

Poster Dilan yang memboncengi Milea itu sebagai bentuk kritik kepada Jokowi, karena masih banyak buruh yang belum mendapatkan upah layak.

Selanjutnya, yaitu gambar Jokowi bersama seorang anak yang menggunakan seragam sekolah. Menurut Fauzi, dia ingin Jokowi juga memperhatikan nasib anak nelayan. Dalam poster ini tertulis, "Pak, Saya Gak Mau Sepeda, Saya Maunya Pekerja Perikanan Dilindungi".

Tidak hanya itu saja, poster lainnya Nyi Roro Kidul dengan tulisan "Nek Jokowi Ora Iso Ngelindungi Pekerja Perikanan, Yo Wis Ben Aku Wae". Selain itu, ada poster bergambar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, yang di dalamnya bertuliskan 'Tenggelamkan Pelanggar Hak Pekerja Perikanan'.

Menurut Fauzi, pesan kreatif ini mengandung pesan bahwa Indonesia adalah negara maritim tapi nelayan tidak dilindungi. "Itu tagline kita hari ini. Kurang lebih 40 orang dari Jakarta, Rembang, Kendal, Indramayu,"  lanjut Fauzi.

image0

Sumber:IST

image1

Sumber:IST

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...