Waw! Ternyata Ada Planet Mirip Neptunus!
Foto: Independent

Waw! Ternyata Ada Planet Mirip Neptunus!

Jumat, 12 Mei 2017 | 08:51 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Para ilmuwan telah menemukan planet baru yang mirip Neptunus dan mungkin menjawab beberapa pertanyaan mendasar tentang planet. Penemuan baru ini mencapai 430 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki langit yang cerah, serta atmosfir yang hampir seluruhnya terdiri dari hidrogen dan helium.

Ukurannya sama dengan Neptunus. Tapi itu disebut hangat, karena lebih dekat dengan bintang induknya. Dan itu mungkin membantu menyoroti bagaimana sistem tata surya terbentuk, dan bagaimana planet ini terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Planet ini memiliki atmosfir primitif dan berair, yang menunjukkan bahwa ia terbentuk dengan baik di dekat bintangnya, atau relatif terlambat pada saat tata suryanya. Itu sangat berbeda dari Neptunus dan Uranus, yang diciptakan sejak dini di tepi cakram debu dan gas yang berputar mengelilingi matahari.

Belajar tentang perbedaan itu, dan bagaimana planet ini terbentuk, dapat membantu kita memahami bagaimana tata surya kita sekarang.

Profesor David Sing dari Universitas Exeter, yang timnya melakukan studi terperinci mengenai planet ini bersama dengan para ilmuwan dari NASA, mengatakan: "Penemuan baru yang menarik ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak keragaman di atmosfer planet-planet eksoplanet ini daripada yang kita miliki sebelumnya.

"Neptunus hangat ini adalah planet yang jauh lebih kecil daripada yang bisa kita ciri secara mendalam, jadi penemuan baru tentang suasananya ini terasa seperti sebuah terobosan besar dalam usaha kita untuk belajar lebih banyak tentang bagaimana sistem tata surya terbentuk, dan bagaimana hal itu dibandingkan dengan kita sendiri." katanya seperti dikutip dari Independent.

Para ilmuwan menganalisis data dari teleskop antariksa Hubble dan Spitzer NASA untuk mengukur penyaringan cahaya melalui atmosfer planet saat dilewati di depan bintang induknya.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Science, memberikan detail yang cukup untuk menunjukkan bahwa planet yang diberi nama HAT-P-26P ini memiliki langit yang relatif bersih dari awan dan tanda air yang kuat.

Co-author Dr. Hanna Wakeford, dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, mengatakan: "Para astronom baru saja mulai menyelidiki atmosfer planet-planet besar Neptunus yang jauh ini, dan hampir segera, kami menemukan sebuah contoh yang bertentangan dengan Tren di tata surya kita." katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...