Skip to main content

Waw! Ternyata Cahaya Gua Ini Berasal dari Larva!

Glowworm  Foto: Cubebreaker
Glowworm Foto: Cubebreaker

WinNetNews.com - Jika Anda melihat gua yang stu ini, Anda akan berpikir betapa indah cahaya kerlap - kerlip yang menghiasi langit - langit gua. Cahaya tersebut berasal dari glowworm, atau dengan nama ilmiahArachnocampa luminosa, munculpada tahun 1924, setelah pertama yang diberi nama Bolitiphila luminosa pada tahun 1891. Namun gua cantik inibenar-benar pertama kali ditemukan pada tahun 1871 di sebuah tambang emas di wilayah Thames dari Selandia Baru.

image0

Ketika pertama kali ditemukan, orang mengira itu menjadi kerabat kumbang glowworm Eropa. Tapibertahun-tahun kemudian, seorang pendidik Christchurch menemukan (melalui pemeriksaan larva) bahwa itu adalah benar-benar nyamuk, bukan kumbang.

image1

Dikutip dari C ubebreaker , Selasa (15/11),Glowworms ini diketahui tinggal di gua-gua basah, dan tempat-tempat lembab di hutan di seluruh negeri, meskipun wilayah asli mereka yang semakin kecil dan lebih kecil karena pertanian dan pembabatan hutan.

image2

Pada tahap larva adalah bagian terpanjang dari siklus hidup glowworm, menguncupantara enam dan 12 bulan. Sebaliknya, glowworms dewasa hanya hidup beberapa hari sebelum meninggal. Tahap sementara - tahap pupa - berlangsung sekitar satu sampai dua minggu dan Anda akan menemukan cacing yang berbalutdari benang sutra di atap gua atau kandang.

image3

Cahaya mereka, atau bioluminescence, adalah reaksi kimia antara oksigen di udara dan senyawa yang ditemukan di bagian ekor glowworm ini. Glowworm dapat membatasi aliran oksigen ke ekor mereka untuk mengontrol seberapa cerah dan seberapa sering mereka bercahaya.

image4

Larva bersinar untuk menarik mangsa - yang sebagian besar merupakan ngengat, siput, lalat capung, nyamuk, kaki seribu dan lalat. Sejak larva tumbuh sementara tergantung dari atas gua dan tempat tertutup, beberapa ilmuwan percaya bahwa mangsa tertarik kepada larva karena mereka berpikir kecerahan ini sebenarnya sinar matahari.

image5

Kedua pupa dan pada fase dewasa hanya glowworms bercahaya, tapi tidak secerah ketika mereka dalam bentuk larva. Selain itu, ketika larva laki-laki akan menjadi dewasa, mereka mulai kehilangan cahaya mereka sementara betina bersinar lebih cerah, dengan harapan untuk menarik pasangan mereka yangsudah menetas.

image6

Glowworms tidak memiliki banyak predator alami meskipun ketika mereka disentuh atau terganggu oleh sumber cahaya luar (seperti senter!), Mereka berhenti bersinar dan mundur ke sarang mereka untuk keselamatan.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top