Webinar yang Dihadiri Luhut Dibajak Hacker, Tampilkan Gambar Tak Senonoh
Ilustrasi webinar.

Webinar yang Dihadiri Luhut Dibajak Hacker, Tampilkan Gambar Tak Senonoh

Senin, 29 Jun 2020 | 11:40 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com -  Seminar virtual atau yang juga dikenal dengan webinar kini menjadi populer selama pandemi virus corona. Seiring dengan imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Namun, keamanan menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan webinar. Seperti dalam kasus seri webinar DPP PGK #3.

Webinar yang melibatkan Menko Maritim Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia tersebut sempat dibajak oleh hacker.

Ketika Kepala BKPM sedang memberikan pemaparan, kemudian muncul coretan atau gambar tidak senonoh di layar. 

"Jangan gitulah, kita sama-sama anak jalanan juga, kita bukan orang baik-baik. Ini merusak suasana kebatinan. Kalau ada yang mau protes, boleh saja, kita diskusi tapi ga begini caranya," kata Menteri Bahlil  dalam webinar yang ditayangkan di YouTube Indosatu News tersebut pada Minggu (28/6).

Insiden serupa juga sempat menimpa Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Layarnya mendadak dipenuhi coretan ketika memberikan sambutan dalam webinar bertema Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life yang diselenggarakan UIN Malang pada Kamis (4/6).

Agus F. Abdillah, selaku Chief of Products and Services Officer Telkomtelstra sempat memberikan beberapa tips dalam menyelenggarakan rapat daring maupun webinar agar aman dari hacker.

Dia mengatakan, pengguna harus mencermati standar keamanan aplikasi yang digunakan, kemudian mempelajari jejak platform tersebut, lalu memeriksa apakah platform tersebut menyediakan enkripsi yang bersifat end to end.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...