WhatsApp Bakal Hentikan Layanan di Android, Termasuk HP Kamu Bukan?
Ilustrasi WhatsApp. [Foto: pandasecurity.com]

WhatsApp Bakal Hentikan Layanan di Android, Termasuk HP Kamu Bukan?

Selasa, 10 Des 2019 | 17:35 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Para pengguna android, baik Windows Phone dan iOS dipastikan bernasib malang lantaran tidak bisa lagi menggunakan aplikasi obrolan WhatsApp. Penyebabnya, aplikasi milik Facebook ini bakal menghentikan dukungannya di beberapa ponsel pintar.

Mengutip CNBCIndonesia.com, WhatsApp mengatakan untuk beberapa operating system (OS) yang lebih lama, pengguna tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Kebijakan ini berlaku sejak 1 Februari 2020.

Dalam FAQ WhatsApp terbaru, seperti dikutip Selasa (10/12) disebutkan WhatsApp tidak akan lagi mendukung semua ponsel android yang menjalankan OS Android 2.3.7 (Gingerbread). WhatsApp juga tidak akan lagi bisa digunakan di perangkat iPhone yang menggunakan iOS8 dan lebih rendah. Kompatibilitas iOS 8 akan sepenuhnya dihapus pada 1 Februari 2020.

WhatsApp mengatakan keputusannya untuk mengakhiri dukungan untuk beberapa ponsel Android dan iPhone ini tidak akan memengaruhi banyak pengguna lainnya.

Perusahaan juga mengatakan WhatsApp tidak akan tersedia di Microsoft Store setelah 1 Juli 2019. Semua pengguna Windows phone juga tak akan lagi bisa gunakan WhatsApp.

Adapun pengguna ponsel android Nokia disarankan menggunakan ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 untuk bisa menggunakan WhatsApp.

WhatsApp menghentikan dukung ponsel ini karena fitur-fitur terbaru WhatsApp membutuhkan sumber daya yang berat dan membutuhkan ponsel dengan RAM yang cukup dengan OS terbaru.

"Kami tidak akan lagi aktif mengembangkan untuk sistem operasi itu, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja. Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, kami sarankan untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru ...," kata WhatsApp di halaman dukungannya. [cnbc]

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...