WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Akan Disatukan

Rusmanto
Rusmanto

WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Akan Disatukan ilustrasi

Winnetnews.com - Facebook dilaporkan akan mempersatukan tiga platform messaging kepunyaannya, yakni WhatsApp, Instagram serta Facebook Messenger. Jika sudah terlaksana, maka user akan dapat mengirimkan pesan di antara ketiganya.

Dikutip dari Guardian, rencana itu digagas langsung oleh pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ketiganya masih akan tetap menjadi aplikasi terpisah, namun akan dimodifikasi sehingga dapat saling kirim pesan meskipun berbeda layanan.

Pengguna Instagram misalnya, akan dapat bertukar pesan dengan pemakai Whatsapp dan sebaliknya. Kemampuan semacam ini membuat engineer Facebook dikabarkan bekerja keras untuk menyelesaikan beragam masalah teknis.

Penyusunan ulang software ketiga layanan tersebut sehingga dapat terintegrasi dikabarkan sangat rumit. Zuckerberg juga meminta trio aplikasi messaging itu semuanya memiliki fitur penyandian end to end sehingga menjamin keamanan pesan yang terkirim.

Ketika dikonfirmasi New York Times yang pertama kali mengabarkan informasi itu, Facebook tidak membantah. "Kami ingin membangun pengalaman messaging terbaik yang kami bisa dan orang-orang juga ingin mengirim pesan dengan cepat, sederhana, andal dan privat," kata Facebook.

"Kami sedang bekerja untuk membuat penyandian end to end di produk messaging dan mempertimbangan cara untuk memudahkan menghubungi teman dan keluarga di seluruh jaringan," tambah mereka.

Rencana tersebut masih berada dalam tahap awal. Diperkirakan, proyeknya baru akan selesai pada akhir tahun 2019 ini atau malah awal tahun 2020.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger Bakal 'Merger'"

Apa Reaksi Kamu?