WhatsApp Tambahkan Fitur Enkripsi untuk Bentengi Layanan Pesan dan Panggilan Suara

WhatsApp Tambahkan Fitur Enkripsi untuk Bentengi Layanan Pesan dan Panggilan Suara

Kamis, 7 Apr 2016 | 09:16 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - WhatsApp anak perusahaan Facebook ini baru saja menambahkan fitur enkripsi untuk membentengi layanan pesan dan panggilan suaranya.

Para pendiri WhatsApp, Jan Koum dan Brian Acton, mengatakan pihaknya selalu memperioritaskan keamanan data dan komunikasi pengguna. Karena itu mulai sekarang, ketika pengguna dan lawan bicara berkomunikasi menggunakan WhatApp versi terbaru, semua data terjaga.

"Setiap panggilan, pesan, foto, video, file yang dikirimkan secara default terenkripsi, termasuk dalam group," ujar keduanya dikutip dari blog resmi WhatsApp.

Jadi intinya, ketika kita mengirimkan sebuah pesan, maka hanya orang yang dituju atau grup chat yang dapat membaca pesan yang dikirimkan. Selain dari itu, tidak ada yang dapat menyadap atau membacanya.

"Tidak dapat dibaca siapapun, baik itu para penjahat cyber, hacker, rezim penindas dan bahkan pihak kami sendiri (WhatsApp). Enkripsi end-to-end membantu komunikasi pengguna lebih privat, seperti bicara tatap muka," tulis petinggi WhatsApp.

Duo pendiri WhatsApp itu turut mengungkap alasan dibalik dihadirkannya fitur enkripsi di layanannya. Mereka melihat kalau dewasa ini, dunia telah dipenuhi data digital. Dan setiap harinya kita kerap mendengar cerita tentang pencurian data digital.

Maka, bila tidak dilakukan tindakan preventif, rentetan informasi dan komunikasi digital banyak orang bakal mudah dibobol di masa mendatang. Untungnya adanya teknologi enkripsi end-to-end efektif melindungi kerentanan tersebut.

"Saat ini lebih dari satu miliar orang yang menggunakan WhatsApp agar dapat terhubung terhubung dengan teman dan keluarga mereka. Kini, setiap pengguna dapat berbicara dengan bebas dan aman di WhatsApp," pungkas Jan dan Brian.

Foto: manggadget.com

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...