WHO Nyatakan Ebola Sudah Usai?

WHO Nyatakan Ebola Sudah Usai?

Senin, 18 Jan 2016 | 20:00 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO segera mengumumkan berakhirnya wabah Ebola pada hari ini, Kamis (14/1), setelah berlangsung selama dua tahun. Wabah tersebut merugikan masyarakat di seluruh Afrika barat dan telah merenggut nyawa 11.000 orang. Diharapkan Liberia juga suda terbebas saat pengumuman disampaikan.

Menurut WHO pernyataan bebas Ebola menandai 42 hari setelah kasus Ebola terakhir di Liberia dinyatakan negatif dan pengumuman akan disampaikan di Jenewa. Sebelumnya pengumuman ini akan disampaikan, pada Jumat (15/1), namun dimajukan sehari tanpa ada keterangan lebih jelas terkait dengan perubahan itu.

Dari seluruh negara yang dilanda Ebola, Liberia adalah negara paling terpukul karena wabah itu telah menewaskan 4.800 orang.

Dua kasus terakhir adalah korban terduga Ebola, yakni seorang ayah dan adik bungsu dari korban yang berusia 15 tahun, namun mereka dinyatakan bebas virus, pada 3 Desember.

“Kami akan tetap berhati-hati dan tetap meminta kepada penduduk untuk mengambil langkah-langkah yag diperlukan dalam mencegah berulangnya kasus serupa,” ujar Francis Karteh, kepala medis Liberia dan tokoh utama dalam penanggulangan epidemi.

 

Wabah terburuk dari patogen tropis dalam sejarah ini telah menghancurkan pelayanan kesehatan dan perekonomian negara-negara yang paling terpukul sejak muncul di Guinea selatan, pada Desember 2013.

Epidemi ini mencapai puncaknya dengan merebak melalui kota-kota di ibu kota Guinea, Liberia, Sierra Leone, di mana banyak jenazah tergeletak di jalan-jalan dan membuat rumah sakit kewalahan mencatat ratusan kasus baru yang muncul setiap pekan.

Menurut data resmi, Liberia adalah negara terakhir yang terkena wabah, menginfeksi hampir 29.000 orang dan diklaim telah menewaskan 11.315 jiwa.

Sebelum Liberia dapat dinyataan bebas dari penyebaran virus Ebola untuk ketiga kalinya maka pasien-pasien terduga Ebola harus berhasil melewati 42 hari, yakni dua periode masa inkubasi virus.

Virus Ebola dapat membuat banyak korban berjatuhan dalam beberapa hari, menyebabkan demam parah dan nyeri otot, tubuh lemah, muntah dan diare. Dalam banyak kasus, virus ini menghentikan kerja organ-organ dan menyebabkan pendarahan tanpa henti.

Virus itu menyebar melalui kontak jarak dekat seperti keringat, muntah, darah atau cairan tubuh orang lain yang terinfeksi atau baru saja meninggal.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...