WHO Sebut Pandemi Influenza Tetap Jadi Ancaman Dunia
Foto: Influenza sumber:http://www.medscape.com/

WHO Sebut Pandemi Influenza Tetap Jadi Ancaman Dunia

Senin, 21 Nov 2016 | 17:52 | Rike

WinNetNews.com-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengeluarkan peringatan mengenai pandemi influenza global tetap menjadi ancaman nyata walau sudah ada kemajuan yang dicapai dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dalam meningkatkan pasokan vaksin flu di seluruh dunia.

Dikutip dari VOA Indonesia, tahun 2006 pihak WHO akui banyak negara di dunia yang tak siap untuk menangani pandemi influenza. Ketika itu, ada kekhawatiran tentang penyebaran global pandemi flu burung H5N1.

Sebagai bentuk respon, WHO meluncurkan Rencana Aksi Global untuk vaksin influenza dengan tiga sasaran utama. Tujuannya yaitu guna meningkatkan penggunaan vaksin musiman berbasis bukti; meningkatkan produksi vaksin sebagai perlindungan terhadap pandemi dan meningkatkan kapasitas peraturan di negara-negara berkembang; juga mendorong pelaksanaan penelitian dan pengembangan untuk menciptakan vaksin yang lebih baik.

Inisiatif tersebut sekarang telah berakhir, tapi Marie-Paule Kieny, asisten direktur jendral WHO untuk sistem kesehatan dan inovasi, mengamati persiapan global untuk menghadapi pandemi influenza sudah jauh lebih baik dalam kurun satu dekade terakhir.

“Pastinya kami lebih siap dalam menghadapi pandemi influenza dibandingkan 10 tahun yang lalu,” kata Kieny.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...