WHO Soroti Satu-satunya Provinsi di RI yang Masih Tinggi Penularan Covid-19
Foto: ANTARA

WHO Soroti Satu-satunya Provinsi di RI yang Masih Tinggi Penularan Covid-19

Jumat, 8 Okt 2021 | 14:32 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti satu-satunya provinsi di Indonesia yang masih tinggi penularan Covid-19. Provinssi tersebut merupakan Kalimantan Utara yang dalam sepekan terakhir tercatat dengan insiden 56,8 kasus per 100 ribu penduduk.

"Berdasarkan pedoman interim WHO, ini berarti ada risiko tinggi infeksi COVID-19 untuk masyarakat umum dan tingginya jumlah infeksi lokal," jelas WHO dalam laporan mingguan terbaru, per 6 Oktober 2021.

Sedangkan dua provinsi yang masuk kategori tingkat penularan sedang adalah Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan Tengah dengan catatan kasus 33,4 per 100 ribu penduduk dan 21,1 per 100 ribu penduduk.

Meski kasus Covid-19 secara nasional mengalami penurunan, WHO meminta cakupa vaksinasi pada lansia untuk terus ditingkatkan. Mengacu pada data per 3 Oktober, hanya DKI Jakarta yang berhasil memvaksinasi 70 persen populasi lansia.

"Cakupan vaksinasi dosis kedua di antara populasi yang lebih tua terus berlanjut rendah di sebagian besar provinsi. Per 3 Oktober, hanya DKI Jakarta yang tercatat di atas cakupan 70 persen di antara kelompok sasaran ini,"

"13 provinsi terus melaporkan cakupan dosis kedua di bawah 10 persen. Sumatera Barat dan Aceh dilaporkan paling rendah, cakupan di antara populasi yang lebih tua dengan 4,3 persen dan 4,7 persen," pungkas WHO.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...