Skip to main content

Wilayah Selatan Pulau Jawa Berpotensi Diterjang Gelombang Tsunami Setinggi 11 Meter

Wilayah Selatan Pulau Jawa Berpotensi Diterjang Gelombang Tsunami Setinggi 11 Meter
Wilayah Selatan Pulau Jawa Berpotensi Diterjang Gelombang Tsunami Setinggi 11 Meter

Jakarta, wingamers (14/9) - Sifat gempa bumi yang kemungkinan terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa berpotensi menimbulkan tsunami. Masyarakat dan pemerintah wajib mewaspadai terjadinya tsunami di wilayah selatan Pulau jawa. Hal ini berdasarkan dari hasil kajian BMKG yang dikemukakan dalam konfrensi pers "Workshop Penguatan UPT BMKG dan BPBD dalam memahami rantai peringatan dini tsunami" di Yogyakarta, hari Senin (14/9).

Dalam acara konfrensi pers tersebut dijelaskan bahwa meskipun magnitude gempa (di selatan Pulau Jawa) tidak terlalu besar dan kadang-kadang tidak terlalu dirasakan, tapi dampak tsunaminya besar. potensi gempa di wilayah selatan Pulau Jawa memiliki sifat "slow earthquake" atau gempa yang hampir tidak terasa getarannya, namun potensi tsunami yang ditimbulkan cukup besar.sifat gempa tersebut memang berbeda dengan potensi gempa di Sumatera, di mana tsunami yang terjadi di Aceh pada 2004 diakibatkan oleh gempa bumi dengan magnitude mencapai 9.0 skala richter. Langkah yang dilakukan dalam upaya meminimalkan dampak tsunami yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi di wilayah selatan Pulau Jawa ini, BMKG telah memasang dua alat sensor prekursor gempa di Kecamatan Pundong, dan Piyungan, Kabupaten Bantul yang berfungsi memberikan informasi risiko gempa di zona itu.

Kemungkinan gempa bumi dengan magnitude 8.0 SR yang memicu gelombang tsunami dengan ketinggian 11 meter, dan memiliki potensi terjangan mencapai 2 sampai 3 km dari bibir pantai.Diharapkan dengan dipublikasikannya informasi ini kepada publik, masyarakat dan pemerintah bisa lebih berhati-hati dan memiliki kesiap-siagaan dalam mewaspadai bencana sunami yang berpotensi terjadi di wilayah selatan pulau Jawa sewaktu-waktu. Langkah ini adalah salah satu bentuk upaya peringatan dini terhadap bencana gempa bumi dan sunami kepada masyarakat dan pemerintah di pulau Jawa.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top