Winners Baiknya Jangan Konsumsi Obat Kimia dan Obat Herbal di Saat Yang Sama

Rike
Rike

Winners Baiknya Jangan Konsumsi Obat Kimia dan Obat Herbal di Saat Yang Sama
WinNetNews.com- Supaya obat yang kita konsumsi lebih bisa percepat penyembuhan, ada hal-hal yang baiknya kita lakukan. Yang pertama perlu kita tahu, apa obat yang cocok untuk kita, lalu disiplin mengonsumsinya, dan selalu mencatat obat apa yang pernah kita konsumsi.

Dalam masa pengobatan, kita pun harus memonitor zat apa yang kita konsumsi dan bercampur di tubuh kita. Sebab, di antara obat satu dengan lainnya bisa saja saling memberi reaksi yang berbeda. Karena alasan ini pula, Drs. Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), memberi saran kita untuk tak konsumsi obat dari dua sumber yang berbeda. Dokter atau farmasis perlu mengetahui apa saja obat yang dikonsumsi oleh pasien.

Sama halnya saat pasien konsumsi obat kimia bersamaan dengan obat herbal. Nurul Falah menjelaskan, saat konsumsi obat kimia, maka senyawa aktif farmasi akan langsung menuju reseptor yang dikeluhkan. Sedangkan obat herbal lebih berfungsi untuk menormalkan zat-zat yang ada.

"Meski demikian, saat sedang mengonsumsi obat kimia, sebaiknya hentikan dahulu obat herbalnya. Pasalnya, khawatir ada campuran bahan kimia yang akan menimbulkan reaksi lain dalam obat tersebut," ujarnya.

Sumber:tabloidnova.com

Foto: http://cbw.ge

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});